Z Score Adalah? Pengertian, Rumus dan Cara Menghitung Z Score

Z Score Adalah? – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Rumus Z Score adalah dan cara menghitung z score.

Perlu diketahui bahwa Z Score adalah suatu ukuran penyimpangan data yang berasal dari nilai rata-ratanya yang diukur dalam satuan standar deviasinya. Apabila nilainya berasa di posisi diatas rata-rata maka Z score-nya akan bernilai positif, begitu juga sebaliknya apabila nilainya dibawah nilai rata-rata maka Z score-nya akan bernilai negatif. Dan perlu diketahui juga bahwa Z Score ini juga biasa disebut dengan Nilai Standar atau Nilai Baku.

Terdapat berbagai macam manfaat dari membuat penyamaan atau penyeragaman nilai-nilai skor mentah atau nilai yang diamati dari distribusi normal menjadi Z Score atau Skor Z ini dapat berfungsi untuk memungkinkan kita menghitung kemungkinan skor yang dapat terjadi dalam distribusi normal dan juga memungkinkan kita untuk membuat perbandingan dua skor yang berasal dari populasi yang berbeda.

Perlu juga diketahui bahwa jika Skor Z ini hanya akan dapat bermanfaat atau memiliki benefit jika dihitung untuk pengamatan yang berbentuk distribusi normal. Distribusi Normal Standar ialah merupakan distribusi yang berbentuk normal dengan nilai rata-rata nol (0) dan Standar Deviasi adalah satu (1).

Rumus Z Score

Untuk mencari Z Score atau biasa disebut Nilai Baku ini, kita harus mengetahui nilai rata-rata (mean) dan stardar deviasi suatu populasi disebabkan rumus untuk melakukan perhitungan Z Score adalah dengan cara mengurangi nilai yang diamati (skor mentah) dengan rata-rata populasi dan kemudian selanjutnya dapat dibagi dengan standar deviasinya.

Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung Z Score:

Z = (x-µ) / s

Keterangan:

x = nilai yang diamati (skor mentah)
µ = rata-rata populasi
s = adalah standar deviasi populasi
Z = Z Score (Nilai Baku)

Baca Juga  Latar Adalah? Pengertian Latar dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Cara Menghitung Z Score (Nilai Baku)

Berikut ini merupakan salah satu contoh permasalahan perhitungan Z Score atau Nilai Baku untuk membuat perbandingan antara dua nilai yang berasal dari 2 populasi yang berbeda.

z score adalah
source: teknikelektronika.com

Contoh Kasus

Seorang siswa yang bernama Jessy telah mendapatkan nilai 80 di pelajaran Matematikanya, sedangkan nilai rata-rata dan standar deviasi seluruh siswa yang ada di kelasnya adalah masing-masing 75 dan 9,29. Di kelas yang sama, Jessy telah mendapatkan nilai 85 di pelajaran Bahasa Inggris. Nilai rata-rata yang dimiliki seluruh siswa di kelas tersebut adalah 82,5 sedangkan standar deviasinya adalah 7,54. Pertanyaannya adalah di pelajaran manakah Jessy memiliki berprestasi lebih baik?

Pelajaran Matematika

Z = (x-µ) / s
Z = (80-75) / 9,29
Z = 5 / 9,29
Z = 0,538

Pelajaran Bahasa Inggris

Z = (x-µ) / s
Z = (85 – 82,5) / 7,54
Z = 2,5 / 7,54
Z = 0,331

Dari perhitungan yang ada di atas, hasil yang dapat diperoleh menunjukan bahwa skor Z Matematika lebih tinggi dari Z Bahasa Inggris, yang menandahkan bahwa Jessy berprestasi lebih baik di pelajaran Matematika jika dibandingkan dengan pelajaran bahasa Inggris.

Penutup

Demikian lah artikel mengenai z score adalah? pengertian, rumus dan cara menghitung z score.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang telah membawa hingga akhir, dan bisa semakin menambah wawasan kita. Jika ada yang ingin didiskusikan atau ditanya, silahkan sobat langsung saja tulis di kolom komentar yang ada di bawah.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment