Toyota serahkan BZ4X & Lexus UX 300e kepada Setneg untuk KTT G20

Jakarta (Beskem.id) – Toyota Indonesia pada Rabu resmi menyerahkan kendataan listrik berbasis baterai ​​(battery electronic vehicle/BEV) model Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk mendukung mobilitas peserta dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

PT Toyota-Astra Mobil (TAM) yang menyerahkan mobil-mobil listrik itu menyebutkan total 143 unit kendaraan yang akan beroperasi selama KTT G20 meliputi 41 mobil Toyota BZ4X serta 102 mobil Lexus UX 300e.

“Kedua kendaraan ini akan menjadi kendaraan resmi KTT G20 yang akan membantu mobilitas para delegasi selama acara berlangsung di bali pada tanggal 15-16 November nanti. Penggunaan kendaraan baterai EV ini sejalan dengan komitmen Toyota untuk mendukung pemenuhan komitmen pemerintah Indonesia menuju netralitas karbon,” kata Vice President (VP) Toyota Astra Motor Henry Tanoto dalam acara serah terima kendaraan resmi G20 Indonesia 2022 di Plaza Timur, Gelora Bung Karno, Rabu.

Menurut Henry, langkah membawa Toyota BZ4X serta Lexus UX300e ke Indonesia juga berfungsi memberikan pengenalan kepada masyarakat di Tanah Air untuk jajaran mobil listrik besutan Toyota. Saat ini Toyota telah menghadirkan banyak kendaraan listrik dengan beragam teknologi eletkrifikasi seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV) hingga Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Terbaru Toyota BZ4X dan Lexus UX300e menjadi mobil dengan teknologi teranyar yaitu Battery Electric Vehicle (BEV) melengkapi jajaran kendaran listrik dari Toyota di Indonesia.

Tidak hanya menyediakan ratusan mobil, Toyota juga menyediakan ekosistem pendukung seperti stasiun pengisian baterai sehingga pengalaman mobilisasi para anggota KTT G20 menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut bisa optimal.

Prosesi simbolis serah terima kendaraan listrik resmi untuk KTT G20 yaitu Toyota BZ4X dan Lexus UX300e dari perwakilan Toyota-Astra Motors kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Rabu (19/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)

“Tentu saja ketika ada komitmen mendukung G20, tentu saja kita support baik itu Lexus dan Toyota, kita siapkan ekosistem dan pendukungnya. Kita siapkan charging station yang cukup biar kendaraannya bisa berjalan lancar dan smooth,” kata Henry.

Baca Juga  Nissan segarkan Serena dengan berbagai teknologi terdepan

Terkait dengan dukungan transisi energi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji yang juga hadir dalam acara penyerahan kendaraan resmi untuk KTT G20 2022 juga menyampaikan kehadiran kendaraan listrik dalam KTT G20 di Bali merupakan contoh positif untuk menggaungkan pemanfaatan energi terbarukan dan bersih ke masyarakat global.

“Saya percaya keputusan Pemerintah Indonesia dalam menghadirkan Battery EV di KTT G20 merupakan inisiatif luar biasa dan bisa menjadi momentum bersejarah untuk menyebarkan serta mengenalkan lebih jauh pentingnya kendaraan listrik,” ujar Kanasugi.

Ia berharap langkah nyata transisi energi itu bisa diapresiasi oleh negara-negara anggota G20 lainnya dan juga diikuti di masa mendatang.

Secara singkat Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama dari Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan tahun 2022.

Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari Pemerintah Indonesia serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Sementara, Lexus UX 300e merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Battery EV premium jenis subcompact SUV yang pertama kali dipasarkan pada 2020 lalu.

Sebagai jenama kelas atas, kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric Lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT G20.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan dua kendaraan kelas atas itu nantinya akan disiapkan untuk digunakan bagi anggota di jajaran menteri dari negara-negara anggota G20.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Hyundai tandatangani perjanjian awal bisnis mobil komersial di China

Leave a Comment