Daftar Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil dan Efek Negatif Yang Dirasakan

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil – Ibu hamil ketika sedang mengandung perut jadi membuncit dan berat badan pun ikut naik, sehingga membuat banyak aktivitas jadi terbatasi. Yang sebelumnya bisa jalan ke mana aja, olahraga, nongkrong bareng temen, ke salon dan lain semacamnya. Namun ketika hamil, aktivitas-aktivitas tersebut tentu tidak bisa untuk dilakukan, karena takutnya akan berpengaruh dengan kesehatan si bayi, tentu rasa bosan akan menghampiri nantinya.

Tapi tenang saja bun, masih ada beberapa kegiatan seru penghilang rasa bosan yang bisa dan aman untuk dilakukan, misal seperti menonon film dari rumah.

Nah kegiatan tersebut terbilang seru, tidak banyak gerak, dan tentunya aman untuk dilakukan. Tapi tontonannya juga perlu diperhatikan ya. Tontonan bergenre horror dan lainnya yang sekiranya dapat membuat terkejut, shock, sedih akan lebih baik untuk dihindari saja, karena tidak baik untuk diri bunda dan si bayi. Memang beberapa orang menggangap hal tersebut hanyalah mitos saja, namun tidak ada salahnya bukan untuk tidak melakukanya, guna terhindar dari hal yang tak dinginkan.

Nah untuk mengetahui lebih jelas akan tontonan yang dilarang saat hamil dan pengaruh tontonan tersebut, maka kalian perlu banget simak penjelasan di bawah ini.

Dampak Tontonan Ibu Hamil Terhadap Janin

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil

Bila kita sadari bahwa secara langsung tak ada hubungannya antara pilihan tontonan dengan si janin, toh yang lihat ibunya bukan si janin. Namun jika membahas perasaan, bahwa tontonan/hiburan nyatanya akan dapat mempengaruhi perasaan mereka yang menonton.

Baca Juga  Kumpulan Contoh Tenda Pernikahan Sederhana di Rumah Terbagus

Nah ada sebuah studi menyatakan kalau suasana hati dari ibu hamil akan berpengaruh kepada pertumbuhan si janin. Ya meski keterkaitan tersebut hanya menyumbang sekitar 1% kepada janin, namun tetap saja akan ada pengaruh buat si bayi bukan?

Jadi masalahnya di mana min? Adapun masalahnya tersebut ada pada perubahan suasana hati ibu hamil yang cepat, dan biasanya perubahan tersebut disebabkan oleh cerita atau tayangan yang di tontonnya.

Apa Film Horor Perlu Dihindari Saat Hamil?

Jawabannya itu tergantung pada diri masing-masing. Bila memang sebelum hamil kalian takut dan tidak suka menonton film horor, saran mimin ya untuk kalian tidak menontonnya. Karena jika iya, malahan akan dapat memperburuk suasana hati kalian pada akhirnya.

Tak hanya pada perasaan namun pada pikiran juga akan membekas nantinya. Karena seperti kita tau ya, kalau film horor banyak menghadirkan adegan yang menakutkan dan serem abiss, yang mana tentu hal tersebut akan membekas dipikiran. Sehingga akan membuat kita takut dan khawatir nantinya dalam melakukan sesuatu.

Misal aja kalian hendak ke dapur atau ke kamar mandi sendirian, karena saat kalian menonton film horor ada adegan yang sama seperti yang kalian lakukan dan di adegan tersebut akan terjadi suatu hal yang menyeramkan tentu membuat kalian takut dan menurungkan niat kalian, yang padahal kalian emang butuh untuk melakukan hal tersebut, entah itu untuk minum air putih, buang air kecil/atau besar dan lainnya.

Selain perihal stres dan rasa takut efek dari tontonan horor tersebut, posisi menonton entah itu duduk atau berbaring saat menonton dalam waktu lama hingga berjam-jam akan dapat membuat tubuh menjadi stress loh, dan bahkan bisa membuat berat badan bertambah nantinya.

Tontonan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Ada beberapa genre film yang biasa menjadi tontonan yang dilarang saat hamil, guna terhindar dari pikiran negatif dan beberapa efek tidak diinginkan lainnya.

Baca Juga  4 Perbandingan Keuntungan Antara Indodax atau Tokocrypto

Berikut mimin sajikan beberapa genre film yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil:

1. Horor atau Yang Memicu Ketakutan Alam Gaib

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil

Genre atau kategori film pertama yang biasanya menjadi tontonan yang dilarang saat hamil yaitu genre Horor.

Seperti kita tau yakan, kalau film horor Indonesia itu bener-bener serem banget malahan tampak nyata, adegan-adengan seperti penculikan bayi secara goib dan hal-hal menyeramkan dan mistis lainnya tentu akan dapat membekas pada pikiran dan perasaan, sehingga mebuat kalian jadi cemas dan takut.

Oleh karena itu akan lebih baik tontonan horor dihindari saat sedang hamil atau buat kalian yang penakut akan hal-hal tersebut.

2. Film Sedih dan Perpisahan

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil

Ya seperti kita tau kalau banyak kalangan terlebih wanita suka sekali tontonan drama yang bisa membuat perasaan jadi campur aduk, dan ya ada kesenangan tersendiri dari hal tersebut. Tontonan tersebut tentu akan berpengaruh dengan suasana hati, so mimin sarankan kalian pilih-pilih terhadap film drama yang hendak kalian tonton, film-film sedih yang sekiranya menguras banyak air mata, saran mimin untuk dihindari saja.

3. Film Tentang Kehamilan

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil

Dari yang mimin jumpai film-film dengan tema kehamilan kadang beberapa adegannya tuh ada yg bahagia dan seru, kadang juga ya bisa buat kalian selaku ibu hamil jadi overthinking dengan kondisi kalian. Overthinking tersebut tidaklah bagus untuk ibu hamil loh, karena akan dapat memicu stres dan rasa gelisah nantinya.

4. Film Dengan Tema Bayi Dalam Masalah

Tema film terakhir yang membuat sebuah film menjadi tontonan yang dilarang saat hamil yaitu film yang mengandung adegan negatif atau adegan buruk yang terjadi pada bayi, atau ibu dari si bayi tersebut.

Film dengan adegan si bayi dapat masalah, sedih, banyak hal buruk dihidupnya, tentu membuat kalian jadi takut terhadap kondisi anak kalian nantinya, yang mungkin akan mengalami hal yang sama, sehingga membuat kalian cemas dan gelisah dan hal tersebut tak baik selama masa kehamilan kalian.

Baca Juga  5 Cara Dapat Kuota Gratis Axis Dengan Mudah dan Cepat!

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Saat Hamil

Tontonan Yang Dilarang Saat Hamil

Ada banyak kegiatan yang bagus dan bermanfaat untuk dilakukan buat ibu hamil.

Apa saja hal tersebut? Simak sajian lengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Jalan kaki

Murah meriah sehat manfaatnya, ya itulah jalan kaki sob.

Olahraga ringan tersebut bagus untuk dilakukan terlebih buat ibu hamil, dan alangkah baiknya dilakukan bareng suami agar bisa menjaga kalian, saling mengobrol, sehingga membuat kalian lebih dekat dan harmonis serta yang paling penting tubuh dan si janin ikut sehat nantinya.

2. Olahraga

Kegiatan olahraga ditemenin pasangan ataupun seperti ikut kelas kehamilan tentu terasa menyenangkan dan sehat untuk tubuh. Mintalah pasangan kalian untuk melakukan hal tersebut, tentu dengan senang hati mereka akan melakukannya.

3. Memulai Konsumsi Makanan Sehat

Ketika masa hamil, makanan yang dikonsumi perlu untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada kesehatan si janin. Makanlah makanan yang sekiranya mengandung zat gizi yang tinggi dan menyehatkan buat si janin, hindari makanan berminyak dan junkfood guna menjaga kesehatan kalian dan si janin ya.

4. Mendekorasi Rumah

Dalam rangka menyambut anggota keluarga baru (si bayi) kegiatan menghias ruangan atau kamar tempat tidurnya nanti seperti terlihat asyik dan baik untuk  dilakukan. Melakukannya bersama pasangan akan terasa lebih menyenangkan nantinya.

Demikian sudah sajian penjelasan seputar tontonan yang dilarang saat hamil di atas, mimin sarankan untuk kalian juga melakukan cek ke dokter terhadap kandungan kalian, guna mengetahui dan perkembangan janin kalian.

Semoga sajian kali ini dapat sangat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua. Mimin pamit undur diri, sekian dan terima kasih karena sudah mampir.

Leave a Comment