Spesifikasi mobil listrik bZ4X yang harganya Rp1 miliar lebih

Jakarta (Beskem.id) – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan kendaraan dengan tenaga listrik murni pertamanya yaitu bZ4X untuk pasar Indonesia, dengan penyematan berbagai teknologi pintar dan juga sistem keselamatan berkendara yang terdepan.

Dengan teknologi terkini Toyota, tidak heran jika kendaraan yang sudah pernah ditampilkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang lalu itu dibanderol Rp1.190 miliar.

Mobil yang diimpor langsung dari Jepang alias Completely Built Up (CBU) ini, menggunakan basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dengan menggunakan platform yang sudah tidak perlu diragukan lagi, membuat mobil listrik dari Toyota ini memiliki berbagai kelebihan seperti unit baterai yang ramping dan terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis. Sehingga, akan sangat membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

“Struktur yang lebih rigid, handling yang responsif dan kabin lebih luas dan platform ini akan dapat mencakup pemuatan baterai yang cukup besar sehingga mobil ini akan memberikan pengalaman yang sangat menggembirakan bagi pemiliknya nanti serta mobil ini bisa digunakan dalam maupun luar kota,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di Jakarta, Kamis.

Berbicara baterai sendiri, mobil ini sudah menggunakan baterai Lithium-ion di bZ4X dengan kapasitas mencapai 71,4 kWh yang sekali pengisian penuh mampu menempuh jarak hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Mobil ini juga memiliki tenaga yang mencapai 214 Hp dengan torsi maksimum yang mencapai 266 Nm. Sehingga, para pengendara akan merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan dan cocok untuk digunakan di jalan Indonesia.

Baca Juga  Penjualan kendaraan listrik Hyundai dan Kia di AS turun pada November

Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan yang ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai,” kata dia.

 

Toyota bZ4X yang baru saja diluncurkan di Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Fitur canggih

Dalam sambutannya, Anton Jimmi menyampaikan bahwa pada bagian dalam. Kendaraan ini memiliki desain yang cukup lega dan juga penyematan berbagai teknologi yang membuat para penggunanya lebih percaya diri ketika mengendarai kendaraan ramah lingkungan ini.

Toyota bZ4X ini hadir dengan head unit layar sentuh dengan berukuran 12,3 inch dan menjadi yang terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikit pun.

“Hanya dengan menekan satu tombol, pengguna akan dimudahkan untuk mencari parkir dan juga mobil ini bisa parkir secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” jelas dia.

Sebagai sebuah mobil yang advanced, All New bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan juga nyaman dengan layanan mobilitas yang komprehensif mulai dari sales, maintenance, hingga aftersales.

“KINTO merupakan salah satu solusi mobilitas berbasis usership untuk menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan untuk menggunakan mobil yang diinginkan tanpa perlu memikirkan perawatan kendaraan yang digunakannya (hassle-free),” jelas dia.

Selain itu, mobil ini juga hadir dengan layanan aftersales terbaru Toyota yaitu T-CARE yang semakin memberikan peace of mind kepada para calon pelanggan Toyota bZ4X di Indonesia.

Baca Juga  MMKSI serahkan 50 unit New Xpander Cross untuk konsumen pertama

Program T-CARE merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu).

Ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi TAM. Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia.

Lebih jauh, sebagai bukti kualitas baterai dan komitmen memberikan peace of mind kepada pelanggan, TAM juga memberikan garansi baterai All New Toyota bZ4X selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment