Review dan Spesifikasi Laptop HP Pavilion 13-an1033TU

HP Pavilion 13 – Banyak pabrikan terus berlomba mendatangkan laptop yang memiliki desain ringkas. Performanya juga dipersiapkan makin memiliki tenaga. Untuk memeriahkan kompetisi di segmen ini HP mendatangkan Pavilion 13-an1033TU yang sukses membuat kami takjub dengan deretanan feature dan nilai jualnya yang paling bersaing. Ingin tahu apa kedahsyatan laptop ini? Baca penjelasannya di bawah ini.

1. Design HP Pavilion 13-an1033TU

HP Pavilion 13-an1033TU

Berbicara laptop dengan design ringkas, secara umum beberapa pabrikan sekarang ini mendatangkan laptop dengan layar 14 inch dengan dimensi body sama dengan laptop 13 inch.

Tetapi, HP Pavilion 13-an1033TU tidak begitu. HP langsung mendatangkan laptop ini dengan dimensi body 13.3 inch. Dimensi body yang cukup jarang-jarang dapat dijumpai di kelas laptop pada harga di bawah 10 juta Rupiah.

Secara fisik penampilannya benar-benar serupa dengan HP Pavilion 14-ce2012TX yang sempat kami review sebelumnya. Secara keseluruhan bentuknya benar-benar elok dan kelihatan eksklusif. Perancangan bodynya juga solid walau ketebalan bodynya cuman 15.4mm. Dengan dimensi ringkas dan beratnya yang lebih kurang 1,3 Kg jadikan laptop ini benar-benar irit tempat dalam tas dan gampang dibawa pergi.

Kesan-kesan premium juga bisa makin kelihatan di atas keyboardnya. Seperti saudaranya yang lebih mahal, HP Envy, grill speaker HP Pavilion 13 adopsi skema segitiga yang serupa. Disamping itu, dari sisi bodynya juga bisa ditemui sensor sidik jari supaya tempat keyboardnya masih tetap kelihatan minimalis.

HP Pavilion 13-an1033TUHP Pavilion 13-an1033TU

Walau bodynya ramping, laptop ini tidak pelit port sambungan. Disebelah kanan, sensor sidik jarinya didampingi slots kartu memory SD, jack audio 3.5mm, port USB 3.1 Gen 1 Tipe-C dan HDMI. Sementara disebelah kiri ada dua port USB 3.1 Gen 1 Tipe-A.

Baca Juga  Komputer Adalah? Beserta Jenis, Fungsi, dan Komponen-Komponennya

2. Layar HP Pavilion 13-an1033TU

HP Pavilion 13-an1033TU

Berpindah ke bidang layar, HP Pavilion 13-an1033TU datang dengan panel monitor IPS BrightView yang resolusinya Full HD. Tingkat keterangan monitornya sangat baik, di luar atau dalam ruangan layarnya bisa kelihatan secara jelas. Visual yang terhidang di layarnya kelihatan tajam dengan warna yang sangat cemerlang.

Satu keunggulan yang dijajakan layar HP Pavilion 13-an1033TU ialah layarnya ini memberikan dukungan feature sentuhan. Tanggapan layarnya dengan sentuhan jari juga baik sekali. Kedatangan layar sentuhnya ini jelas sangat menolong dan makin memudahkan saat navigasi.

3. Keyboard dan touch pad HP Pavilion 13-an1033TU

HP Pavilion 13-an1033TU

Untuk memberikan dukungan keproduktifan para pengguna, HP Pavilion 13-an1033TU datang dengan keyboard bermodel chicklet. Ukuran tombol keyboardnya lumayan besar dalam jarak antar tombol yang paling sesuai. Keyboardnya juga empuk dan nyaman dipakai menulis dalam jangka waktu lama.

Bahkan juga, HP lengkapi keyboardnya ini dengan lampu backlit yang dapat diakses dengan memencet tombol F5. Tingkat gelap jelas keyboardnya juga dapat diatur sama sesuai keadaan penerangan ruangan dan keinginan si pemakai.

Temani keyboard itu HP mendatangkan track pad mouse dengan ukuran yang relatif lebar dengan tombol click kiri dan kanan yang bersatu langsung dengan trackpad itu. Respon trekpad mousenya itu dengan jari baik sekali. Tetapi, sayang untuk tombol click kanan cukup keras saat ditekan.

4. Performa HP Pavilion 13-an1033TU

Menandingi rancangannya yang sangat menarik, performa HP Pavilion 13-an1033TU diserahkan kepada chip Intel Core generasi ke-10, Intel Core i3-1005G1 yang didukung RAM onboard dengan besaran 8GB tanpa support kartu grafis diskrit . Maka, jelas laptop ini bukan laptop untuk gaming atau untuk membuat content dengan beban komputasi yang sangat berat.

Baca Juga  Pengertian Booting, Tujuan Booting, dan Proses Terjadinya Booting

Satu perihal yang paling menarik perhatian dari HP Pavilion 13-an1033TU ialah ruang penyimpanannya. Laptop ini bawa ruang penyimpanan SSD yang kapasitasnya 512 GB. Kapasitas SSD ini termasuk lumayan besar di kelas harga. Untuk hasil benchmark seperti berikut.

cinebench

pcmark

Dari pengetesan kami, spesifikasinya itu sangat oke untuk memberikan dukungan keproduktifan kantoran kami setiap hari. Mengangkat ruang penyimpanan SSD performanya memang berasa sangat ngegas. Performanya juga benar-benar senyap. Memproses document dengan program Office dan searching dapat diatasi laptop ini tanpa permasalahan. Sekedar untuk mengedit photo yang simpel juga masih lumayan.

Sebagai fasilitas hiburan, spesifikasinya ini masih oke untuk nikmati content sampai resolusi 4K. Sistem audionya yang dipercayakan pada speaker dari pabrikan Bang & Olufsen juga baik sekali. Suara yang dibuat speakernya kedengar jernih dan cukup berkekuatan. Pas untuk nikmati konten multimedia.

5. Battery HP Pavilion 13-an1033TU

Mengangkat processor Intel Core i3 10th dengan TDP 15W, konsumsi daya laptop ini termasuk hemat. Dari pengetesan kami, dengan pola pemakaian tingkat kecemerlangan layar 50%, tersambung ke WiFi, beraktivitas menulis sekalian searching dan kadang-kadang melihat video di Youtube batterynya ini dapat bertahan sekitaran 6 jam. Cukup disayangkan batterynya ini belum diperlengkapi dengan feature isi ulang cepat.

Simpulan

HP Pavilion 13-an1033TU jadi bukti HP benar-benar cermat memberi respon kemauan pasar akan sebuah laptop ringkas dan enteng. Bahkan juga, HP tidak pelit mendatangkan deretanan feature bagus yang menjadikan unggul di kelas harga.

Sebutlah saja seperti design yang premium, layar sentuh dengan resolusi Full HD, sensor sidik jari, keyboard backlit, ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 512GB yang besar dan performa Intel Core i3 10th gen yang dapat dihandalkan untuk keproduktifan setiap hari. Pas untuk beberapa karyawan yang bermobilitas tinggi dan siswa yang memerlukan laptop ringkas dengan layar sentuh.

Baca Juga  6 Tips Penting Untuk Menghindari Digital Phising

Semua kelebihannya itu dijajakan dengan nilai jual yang berada di range 8 juta-an Rupiah. Dengan nilai jualnya itu menurut kami laptop hp pavilion 13 an1033tu sukses meningkatkan standard laptop ringkas dan enteng dengan layar sentuh dan performa oke di bawah harga 10 juta Rupiah.

KELEBIHAN

  • Design premium
  • Keyboard Backlit dan nyaman dipakai
  • Monitor sentuh IPS Full HD
  • Performa oke untuk keproduktifan
  • Kapasitas SSD besar
  • Sensor sidik jari
  • Harga bersaing

KEKURANGAN

  • Battery rata-rata
  • RAM onboard
  • Click kanan Touch Pad cukup keras
  • Battery belum memberikan dukungan feature isi ulang cepat

Leave a Comment