Power Supply Adalah? Beserta Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Pengertian Power Supply

power supply

Apakah itu power supply (catu daya)? Pengertian Power Supply adalah sebuah hardware dalam perangkat computer yang berperan untuk memberi persediaan daya. Umumnya bagian power supplay ini dapat ditemui pada chasing computer dan berupa persegi.

Pada intinya Power Supply memerlukan sumber listrik yang selanjutnya diganti jadi energi yang menggerakkan perangkat electronic. Sistem kerjanya cukuplah sederhana, yaitu dengan mengganti daya 120V ke bentuk aliran dengan daya yang sesuai keperluan komponen-komponen pada komputer tersebut.

Sesuai pengertian power supply pada computer, karena itu kegunaan intinya untuk mengganti arus AC jadi arus DC yang selanjutnya diganti jadi daya atau energi yang diperlukan beberapa komponen pada computer seperti motherboard, CD Room, Hardisk, dan komponen yang lain.

Menurut rancangannya, power supply bisa dikelompokkan jadi dua tipe, yakni:

  1. Power Supply/ Catu Daya Internal; yakni power supply yang dibikin terpadu dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contohnya; ampilifier, tv, DVD Player; power supply-nya menyatu dengan motherboard dalam chasing perangkat itu.
  2. Power Supply/ Catu Daya External; yakni power supply yang dibikin terpisah dari motherboard perangkat electronicnya. Misalnya charger Laptop dan charger HP.

Manfaat Power Supply pada Computer

Dengan bahasa Indonesia, Power Supply memiliki arti Sumber Daya. Kegunaan dari power supply ialah memberi daya arus listrik ke beragam bagian atau hardware yang ada dalam chasing computer.

Sumber energi listrik yang datang dari luar masih berupa alternating current (AC). Saat energi listrik masuk ke power supply, maka energi listrik akan diubah jadi wujud direct current (DC). Daya DC ini yang selanjutnya diteruskan ke semua komponen yang berada di dalam chasing computer supaya bisa bekerja.

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Isi Voucher Telkomsel Sistem Sibuk Terbaru

Salah satu bagian power supply biasanya ada kipas yang bermanfaat untuk buang udara panas dari dalam chasing computer. Disamping itu, pada power supply ada sebuah port male tipe IEC 60320 C14 yang berperan sebagai connector antara sumber energi listri dan power supply.

Tipe-Tipe Power Supply

Menurut kegunaannya, ada dua tipe power supply yang biasa dipakai pada computer dan keduanya mempunyai perbedaan yang cukup penting. Adapun beberapa jenis power supply ialah seperti berikut:

1. Power Supply AT

Power Supply AT

Dapat dikatakan ini sebagai tipe power supply yang pertama kalinya digunakan pada beberapa jenis computer zaman dahulu sebagaimana pada type Pentium II dan Pentium III di tahun ’97. Hingga untuk sekarang ini pemakaian Power Supply AT tidak banyak dijumpai pada tipe perangkat computer terbaru.

Beberapa ciri power supply AT:

  • Mempunyai 8-12 terminal output yang terhubung pada motherboard computer.
  • Biasanya mempunyai daya di bawah 250 watt.
  • Karena tombol power On dan Off tersambung dengan chasing computer, maka untuk mematikannya harus dilaksanakan dengan manual di saat shut down computer.

2. Power Supply ATX

Power Supply ATX

Power Supply ATX sebagai penyempurnaan dari tipe Power Supply AT. Dan power supply ini mempunyai design yang lebih kompleks dengan sumber pasokan energi listrik yang lebih efisien.

Power Suplly ATX saat ini lebih banyak diketemukan pada tipe computer angkatan terbaru di mana pengoperasiannya dapat dikendalikan dengan software yang telah terinstal dalam computer. Hingga dapat ditata dalam beberapa mode seperti mode tidur, mode waspada dan mode saat computer dimatikan.

Beberapa ciri Power Suplly ATX:

  • Mempunyai 20 sampai 24 terminal output yang terhubung dengan motherboard.
  • Menggunakan daya yang lebih besar.
  • Saat PC di-shuttdown maka power supply ini akan mati seutuhnya.
Baca Juga  Cara Mengecek Suhu Laptop Dengan Mudah

Komponen Power Supply

power supply 2

Merujuk pada penjelasan power supply, perangkat keras ini berperan mengganti arus AC jadi arus DC dan salurkannya ke beragam komponen computer dalam chasing. Untuk membuat tegangan maka diperlukan beberapa komponen, adapun komponen power supply ialah seperti berikut:

1. Transformator
Ini sebagai komponen di dalam Power Supply yang dipakai untuk mengalihkan tenaga listrik antara dua sambungan listrik ataupun lebih lewat induksi elektromagnetik.

2. Dioda
Ini ialah kombinasi dari 2 kata elektroda, yakni anoda dan katoda. Karakter dari dioda yakni mengantarkan arus pada tegangan maju dan menghalangi arus pada aliran tegangan balik.

3. Kapasitor
Kapasitor berperan sebagai penyempurna penyerahan dari tegangan arus AC ke tegangan arus DC.

4. Resistor
Resistor ialah perangkat yang menolong Power Supply dalam turunkan tegangan, membagikan tegangan, dan batasi arus listrik yang masuk, hingga segera dapat mengatur perangkat-perangkat keras yang ada di motherboard.

5. IC regulator
IC Regulator berperan untuk mengendalikan tegangan pada serangkaian electronic selalu tetap stabil.

6. LED
LED pada Power Supply ialah komponen semacam diode semikonduktor yang mempunyai kelebihan.

Teknik Kerja Power Supply

Saat pengguna menghidupkan power pada computer, maka power supply akan lakukan pengecekan dan test saat sebelum menjalakan sistem computer. Bila test berjalan baik maka power supply akan mengirimi signal (power good) ke mainboard sebagai tanda jika sistem computer siap untuk bekerja.

Setelah itu, power supply atau catu daya akan membagikan daya sesuai kemampuan yang dibutuhkan masing-masing elemen computer. Selain salurkan daya listrik ke elemen computer, power supply jaga kestabilan arus listrik pada beragam elemen itu.

Dari penjelasan keterangan power supply dan perannya di atas, maka komponen ini sama keutamaan seperti CPU pada computer yang sering dipandang seperti otak computer. Bila terjadi masalah pada power suplai, maka mengakibatkan masalah saluran daya pada beberapa komponen computer.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Ngelag, Silahkan Coba!

Leave a Comment