Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dan Cara Menggunakannya – WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop kemungkinan tidak asing untuk beberapa pengguna WhatsApp. Meskipun ke-2 nya sama-sama dapat diakses melalui computer, namun mereka tidak sepenuhnya sama.

Bedanya memanglah tidak banyak, tetapi cukup mendasar. Lalu, apakah bedanya antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop? Apakah keduanya mempunyai fitur yang serupa? Lantas, mana yang lebih bagus untuk dipakai?

whatsapp web

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop yang paling mendasar yaitu bagaimana caranya mengaksesnya.

WhatsApp Desktop merupakan sebuah aplikasi WhatsApp yang didownload dan diinstall di computer/PC, baik Windows atau MacOS. Program WhatsApp Desktop resmi dapat didownload di link ini.

Seperti membuka aplikasi WhatsApp di smartphone, WhatsApp Desktop dijangkau dengan buka aplikasi WhatsApp standalone (terpisah) di komputer/PC. Sementara WhatsApp Web, dibuka lewat browser (peramban), seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Perbedaan fitur WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Disamping cara akses, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop tidak mempunyai perbedaan lain yang signifikan. Secara tampilan, ke-2 nya terlihat sama.

Namun, khusus untuk versi web, tampilannya terlihat lebih luas dibandingkan versi desktop. Di versi dekstop, ada tombol minimize untuk mengecilkan jendela aplikasi WhatsApp.

Fitur ini pas dipakai untuk mereka yang hoby buka banyak program dalam satu waktu. Tombol minimize itu yang tidak ditemui di WhatsApp Web secara khusus.

Bila ingin sembunyikan jendela WhatsApp, pengguna WhatsApp Web harus menekan tombol minimize untuk browser.

Baca Juga  4 Perbandingan Keuntungan Antara Indodax atau Tokocrypto

Sehingga, bila Anda memakai WhatsApp Web dan ingin mengecilkan ukuran atau sembunyikan jendela, dapat diakali dengan membuka di tab khusus, lalu me-minimize jendela tab itu.

Selain itu, dari segi tools, pengaturan letak, dan tombol, nyaris tidak ada perbedaan yang menonjol. Perbedaan baru dapat dirasa saat memakai tombol pintasan (shortcut). Shortcut WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop tidak sama.

Sebagai contoh, untuk memulai chat baru, shortcut di versi web ialah tombol “ctrl+Alt+N”. Dan di WhatsApp Desktop, tombol shortcut untuk memulai chat baru yaitu “ctrl+shift+N”. Perbedaan secara lengkap dapat dilihat pada gambar berikut ini.

whatsapp web

whatsapp desktop

Yang mana lebih bagus?

Ingat ke-2 nya tidak mempunyai perbedaan yang berarti, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop sama-sama nikmat dipakai.

Namun, untuk pemilik perangkat komputer lama yang mempunyai RAM kecil atau jalankan OSversi lama, memakai WhatsApp Web dapat menjadi pilihan.

Namun, untuk yang kerap buka banyak aplikasi di komputer dalam satu waktu dan tidak mau buka banyak tab di browser, mendownload WhatsApp Desktop ialah opsi terbaik.

Cara memakai WhatsApp Web

  1. Buka browser, bisa Chrome, Mozilla Frefox, atau yang lainnya.
  2. Buka tab baru, input alamat web.whatsapp.com di address bar.
  3. Pindai QR Code yang ada di monitor computer dengan smartphone, caranya : buka WhatsApp di HP > click titik tiga di sudut kanan > perangkat tertaut > tautkan perangkat > masukan kode keamanan (pola/sidik jari) > arahkan camera handphone ke QR code.
  4. Tunggu sampai proses penyekenan tuntas dan tampil ilustrasi sinkronisasi dengan informasi “menghubungkan” dan “end-to-end encryption” di computer.
  5. Nantikan hingga proses sinkronisasi selesai dan tampil beranda WhatsApp Web.

Cara menggunakan WhatsApp Dekstop

WhatsApp Desktop cuman ada untuk computer/PC yang jalankan Windows 8.1 atau di atasnya, dan MacOS 10.10 atau di atasnya. Bila penuhi persyaratan di atas, ikuti cara berikut ini:

  1. Click laman ini untuk mendownload program WhatsApp Desktop
  2. Selanjutnya, click tombol “download for/unduh untuk…”
  3. Sesudah proses unduhan tuntas, buka menu “download/unduhan” di computer, lalu cari file dengan format.exe atau.dmg dengan icon aplikasi WhatsApp
  4. Click icon WhatsApp, lalu ikuti langkah instalasi sampai tuntas.
  5. Sesudah dipasang, buka program WhatsApp Desktop.
  6. Untuk log in, scan QR Code yang ada di monitor computer dengan handphone secara sama seperti cara nomor 4 di versi WhatsApp Web.
  7. Tunggu sampai proses penyekenan selesai dan ada ilustrasi sinkronisasi dengan informasi “menghubungkan” dan “end-to-end encryption” di computer.
  8. Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai dan muncul beranda WhatsApp Desktop.
Baca Juga  Redmi Note 10 5G, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Leave a Comment