Pengertian Sistem Operasi dan Contoh Sistem Operasi (OS)

Beskem.id – Sering disingkat OS, atau kepanjangannya dalam bahasa inggris adalah Operating System, dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya sebagai Sistem Operasi.

OS atau Sistem Operasi sepertinya di zaman modern sekarang ini telah sangat sering kita dengar. Entah itu ketika sedang membahas PC, Laptop, dan juga Smartphone, bahkan perangkat elektronik lainnya juga banyak yang menggunakan OS. Walaupun jenis Sistem Operasi pastinya berbeda-beda di setiap perangkat. Dan fitur dari setiap OS juga pastinya berbeda-beda. Karena memang ada banyak jenis OS yang telah dibuat dan digunakan.

Dan yang paling terkenal di Komputer yaitu Operating System (OS) atau Sistem Operasi yang bernama Windows dan Linux, sedangkan di smartphone sendiri ada banyak OS, namun yang paling banyak digunakan yaitu Android dan IOS yang digunakan pada iPhone.

Jadi, sebenarnya apa itu defisini Operating System (OS)?

Pengertian Sistem Operasi (OS)

Sistem Operasi

Menurut Wikipedia sendiri, Sistem Operasi (bahasa Inggris: operating system; disingkat OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Atau bahasa sederhananya yaitu Sistem Operasi merupakan sebuah program sistem utama yang berkuasa dan bertugas untuk mengontrol dan mengelolah perangkat keras dan perangkat lunak di komputer. Sebenarnya OS bukan hanya ada di sebuah komputer, namun di perangkat lain juga ada, yang cara kerjanya sama dengan komputer, yang dapat mengolah data.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Hotspot iPhone Tidak Bisa Connect ke Laptop

Misalnya seperti Laptop, Tablet, PC, Smartphone, Smartwatch, Router, dan perangkat lainnya yang sejenis.

Jadi jika diibaratkan sebuah negara, maka OS itu adalah sebuah pemerintahannya, sedangkan software dan hardware adalah seperti perumahan dan bangunan-bangunan seperti gedung-gedung. Di sini pemerintahlah yang berperan mendata, mengatur, dan ikut mengelolah semua bangunan beserta warganya. Seperti itulah peran sebuah OS pada perangkat komputer.

Beberapa Contoh Operating System (OS)

Gadget dan perangkat keras lainnya yang setiap hari kita gunakan menjalankan sebuah OS, baik itu Komputer, Laptop, dan Smartphone. Dan masing-masing perangkat tersebut memiliki jenis sistem operasi yang berbeda-beda, karena yang menciptakannya juga ada banyak.

1. Operating System (OS) atau Sistem Operasi pada Komputer

computer

Mungkin bagi kebanyakan orang yang sudah memiliki komputer atau laptop pastilah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Windows.

Nah, Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling terkenal dan paling banyak digunakan pada perangkat komputer. Versi dari Windows juga ada banyak, sampai artikel ini ditulis saja, versi windows sudah mencapai Windows 11. Rata-rata komputer dan laptop yang kita gunakan pasti menggunakan OS Windows. Karena memang diakui, windows sudah sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari.

Lalu jika kalian kalangan Elite (ciee cieee) atau yang menggunakan laptop dari sebuah perusahaan yang sangat terkenal, yaitu Apple. Maka jika kalian menggunakan laptop keluaran Apple, sudah pasti sistem operasi yang kalian gunakan yaitu MacOS. Berbeda dengan Windows yang diinstall di banyak perangkat komputer dan laptop, MacOS adalah sistem operasi khusus yang hanya ada pada komputer atau laptop yang dibuat langsung oleh perusahaan Apple.

Ada juga sistem operasi yang bersifat open source yang bernama Linux. Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui dan menggunakan Linux, karena OS yang satu ini memang bersifat unik, dan hanya sebagian orang saja yang menggunakannya untuk komputer harian.

Baca Juga  Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Telkomsel Padahal Pulsa Cukup?

Berikut ini adalah daftar contoh operating system pada perangkat komputer :

  1. Windows
  2. MacOS
  3. Linux
  4. MS DOS
  5. UNIX
  6. Chromium OS

2. Operating System (OS) atau Sistem Operasi pada Smartphone

smartphone

Beda jenis beda nama juga dengan sistem operasi yang ada di dalam smartphone dan tablet yang kalian gunakan.

Untuk saat ini, Android adalah sebuah sistem operasi pada smartphone ataupun tablet yang paling banyak digunakan. Sama seperti windows yang menguasai pasar sistem operasi komputer, maka Android adalah sistem operasi yang menguasai pasar smartphone.

Lalu untuk HP keluaran Apple kalian pasti sudah tahu, bahwa mereka juga tidak menggunakan Android sebagai OS dari smartphone buatan mereka. Di sini Apple menggunakan OS yang bernama iOS pada handphone buatan mereka.

Android dan iOS, adalah dua sistem operasi yang saat ini memegang pasar sistem operasi di dunia smartphone.

Berikut ini adalah daftar-daftar contoh sistem operasi pada smartphone:

  1. Android
  2. Apple’s iOS
  3. Windows phone
  4. Blackberry OS
  5. Symbian OS

Oiya, smartphone seperti Blackberry yang dulu sangat terkenal dan kayaknya wajib kita miliki, mereka juga memiliki sistem operasi sendiri yang bernama Blackberry OS, jadi bukan menggunakan Android.

Namun sayang, sekarang khususnya di Indonesia sendiri sudah sangat jarang orang yang menggunakan Blackberry. Bahkan produknya sepertinya sudah tidak laku lagi di pasar indonesia, orang-orang lebih tertarik membeli Apple, karena memberikan kualitas dan menambah tingkat gengsi yang tinggi.

Perangkat Lunak dan OS

perangkat lunak

Lalu di dalam sebuah Sistem Operasi, ada lagi perangkat lunak atau software yang menjadi pengisi sebuah OS. Misalnya seperti aplikasi-aplikasi yang selama ini kita gunakan, seperti Google Chrome, Facebook, dan Microsoft Office.

Software atau Perangkat Lunak ini juga beragam jenis, dan ada banyak perangkat lunak yang hanya cocok atau bisa diinstall di OS tertentu. Misalnya ada sebuah perangkat lunak yang hanya bisa dipasang pada Windows, dan tidak bisa dipasang pada MacOS. Ada aplikasi yang hanya bisa dipasang di iOS, dan tidak bisa dipasang di Android.

Baca Juga  Cara Melihat Foto Profil Instagram (IG) Secara Besar

Bahkan pada server juga memiliki OS sendiri.

Nah, jadi itulah tadi pengertian operating system (OS) dan contoh sistem operasi pada perangkat yang selama ini kita gunakan.

Jika ada kesalahan pemahaman saya kalian bisa komen di bawah, dan share juga artikel ini untuk menambah wawasan.

Sayonara!

 

Leave a Comment