Nikon D5200 Review dan Hasil Jepretan Nikon D5200

Nikon D5200 Review – Pada unit kamera DSLR kelas menengah, Nikon mengandalkan D5200 yang tawarkan beberapa peningkatan dari angkatan sebelumnya, Nikon D5100. Bagaimana performanya? Baca pembahasan kami berikut ini.

Konsep Design

Seperti umumnya kamera DSLR pemula kelas menengah yang lain, Nikon D5200 datang dengan paket body yang relatif kecil. Beratnya masih tetap termasuk enteng bila dipasangkan dengan lensa kit standarnya. Untuk kenyamanan pemakai, Nikon D5200 datang dengan handgrip yang dilapis karet memiliki tekstur yang tidak licin ditangan. Tetapi, sayang design handgrip ini cukup dangkal dan kurang nyaman dipegang dalam waktu lama khususnya untuk Anda yang mempunyai telapak tangan besar.

nikon d5200

Pada bagian belakang bodynya bisa dijumpai sebuah layar LCD fleksibel memiliki ukuran 3 inch yang bisa diputar. Kualitas tampilan layarnya lumayan oke, baik dalam atau luar ruangan, dengan kepadatan pixelnya 921,000 titik yang cukup tinggi. Untuk menggunakannya, Nikon D5200 diperlengkapi dengan beberapa tombol navigasi di samping layar dan di atas bodynya. Tombol-tombolnya benar-benar nyaman untuk ditekan dengan peletakan yang sangat gampang dicapai dan baik. Sementara di sisi kanan ada slots kartu memory dan di sisi kiri ada port konektivitas yang terbagi dalam port USB, MIC,HDMI, dan port untuk menambahkan modul GPS.

Untuk seorang pemula yang baru menggenggam DSLR beradapatasi dengan tombol dan menu sebuah kamera DSLR bukan hal yang mudah. Namun kelihatannya Nikon cukup memahami dengan hal itu.

nikon d5200

Ini kelihatan dengan peletakan tombol menu yang ditaruh di samping atas kiri layar. Dengan demikian Anda masih bisa mengakses menu pengaturan secara cepat cuman memakai satu tangan utk sekedar melakukan pengaturan kamera melalui beberapa tombol pintasan yang tersedia. Disamping itu, dengan kehadiran tombol info, Anda dapat tampilkan semua informasi pengaturan kamera seperti shutter speed, diafragma, ISO dan lainnya. Dan dengan memencet tombol ini untuk ke-2 kalinya, Anda langsung dapat melakukan pengaturan kamera yang diingini dengan benar-benar cepat dan gampang.

Baca Juga  10 Mbps Berapa GB Dalam Paket Indihome dan First Media

Feature dan Performa

Nikon memudahkan pengguna untuk memindahkan hasil foto dari kamera ini ke handphone dan tablet PC berbasiskan iOS dan Android melalui jaringan WiFi. Tetapi, Anda harus merogoh dompet extra untuk nikmati feature ini. Karena Nikon D5200 belum diperlengkapi dengan modul WiFi terintegrasi hingga Anda harus beli aksesories Nikon WU-1A.

Nikon D5200 diberi sensor CMOS APS-C memiliki resolusi 24.1 megapixel dengan support processor Nikon EXPEED 3. Untuk membantu Anda memfoto, Nikon mendatangkan Nikon D5200 dengan 39 titik autofokus. Performa autofokusnya sendiri benar-benar baik. Di luar atau dalam ruangan, sistem autofokusnya bisa mengunci fokus dengan cukup tepat dan cepat. Hasil fotonya memakai lensa kit 18-55mm lumayan baik dengan hasil foto yang cukup tajam dan warna yang tepat.

Kendali White balance pada pilihan AWB atau otomatis lumayan baik, dan dengan pemakaian processor EXPEED 3 Nikon D5200 sanggup mengontrol noise di ISO tinggi dengan sangat baik dan kekuatan memfoto continuos sampai 5 frame per detik. Untuk hasilkan video, Nikon D5200 bisa dipakai untuk record video pada resolusi Full HD 1080p.

Hasil Jepretan Nikon D5200

Hasil foto lain dari Nikon D5200 bisa disaksikan di Flickr Yangcanggih berikut ini :

1

2

3

4

Kesimpulan

Nikon D5200 sebagai kamera DSLR yang paling pas untuk Anda yang baru berpindah ke kamera DSLR. Disamping gampang dioperasionalkan dan bisa mengunci fokus dengan tepat, hasil foto Nikon D5200 cukup tajam dengan performa autofocus dan kendali ISO tinggi yang sangat baik di kelasnya.
Layar putarnya sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda melakukan eksperimen dengan sudut pengambilan gambar. Bila tidak keberatan dengan harga yang berada di range 8 juta-an rupiah dengan lensa kit 18-55mm , Nikon D5200 jelas pantas Anda pertimbangkan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

Jadi itulah sedikit ulasan atau review tentang kelebihan dan kekurangan nikon d5100, semoga bermanfaat!

Spesifikasi Nikon D5200

  • Sensor: CMOS (DX) 24,1 megapixel
  • Viewfinder: pentamirror (95% coverage)
  • Layar: LCD 3 inci (921.000pixel) vari-angle dengan sudut pandang 170°
  • ISO: ISO 100-6400
  • Autofocus: Nikon Multi-CAM 4800DX dengan 39 titik fokus
  • Dimensi: 129 x 98 x 78 mm
  • Berat: 505 gram

Leave a Comment