Mengenal Bagian-Bagian Komputer

Bagian-Bagian Komputer – Sekarang ini sebagian besar faktor kehidupan melibatkan computer. Kerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, nikmati hiburan dan multimedia, bermain games, dan berinternet dan kegiatan yang lain. Tapi tahukah kamu apa saja bagian-bagian computer dan perannya hingga dapat lakukan pekerjaannya secara baik?

Sebagian orang yang geeky umumnya sudah mengerti beberapa bagian computer, tapi untuk banyak orang, hal tersebut masih tetap jadi rahasia buat mereka.

Karena itu di artikel ini Beskem akan uraikan beberapa bagian computer dan kegunaannya, dengan harapan pemakai awam yang ingin tahu dapat pahami apa saja bagian-bagian computer yang mereka pakai tiap hari.

Bagian-Bagian Komputer

Pada dasarnya, computer terdiri ke dalam dua tipe:

  1. Portabel, seperti notebook, tablet PC, laptop, dan sejenisnya.
  2. Desktop

Di artikel ini Beskem akan focus menerangkan beberapa komponen computer desktop, yang garis besar sebetulnya tidak berbeda jauh dengan beberapa bagian notebook, laptop, dan sebagainya.

Langsung saja, berikut ialah bagian bagian computer dan kegunaan dan penjelasannya.

1. Casing Komputer

Casing Komputer

Casing komputer (case) yaitu bagian yang menjadi “rumah” untuk mayoritas komponen computer. Sebagian besar desktop PC mempunyai casing box baik dari plastik atau metal. Tetapi untuk AIO (all-in-one) PC, casing computer ini dibuat singkat dan sering kali langsung menyatu dengan layar monitor.

Disamping menjadi tempat untuk sebagian besar bagian-bagian computer, casing membuat perlindungan bagian itu dari debu dan sebagainya. Biasanya casing mempunyai bentuk kotak dengan lebar lebih kurang 30 s/d 40 cm. Untuk panjangnya sendiri capai 50 s/d 60 cm. Tetapi ada juga casing sebagai satu dengan monitor maka dari itu memang bentuk casing berbagai macam.

Baca Juga  TikTok Downloader

2. Power Supply

Power Supply

Power Supply Unit (PSU) yaitu bagian yang mengkonversi listrik arus AC jadi DC bervoltase rendah, hingga dapat dijadikan sumber daya untuk semua komponen computer.

Bila Anda menginginkan computer gaming, maka power supply yang Anda pakai tentu tidak sama dengan power supply untuk keperluan menulis atau untuk mengerjakan tugas.

3. Motherboard

Motherboard

Motherboard adalah papan circuit terintegrasi sebagai bagian khusus dari sebuah computer. Peranan motherboard yaitu menghubungkan semua komponen utama computer, seperti CPU, RAM, CD/DVD-ROM, hardisk / SSD, dan beragam port dan slots ekspansi.

Semua bagian yang terpasang dalam motherboard memang mempunyai peranan penting hingga saat salah satunya alami permasalahan. Maka computer itu nyaris dapat dijamin tidak bisa berjalan dengan normal.

Beberapa komponen computer yang ditempatkan langsung di motherboard diantaranya:

4. CPU / Prosesor

Prosesor

CPU (Central Processing Unit) atau yang lebih dikenali sebagai processor adalah otak dari computer. Prosesor bekerja lakukan kalkulasi tiap perintah yang dikerjakan di computer. Untuk menahan overheat (panas berlebih), CPU umumnya diperlengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU ada juga yang diperlengkapi sistem water cooling. Beragam CPU modern sekarang ini telah diperlengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).

Kemajuan CPU makin lama makin baik. Ini bisa dibuktikan dengan ada banyak CPU yang mempunyai kecepatan tinggi sekali. Tetapi harga yang perlu Anda keluarkannya sesuai kualitasnya.

5. Chipset

Chipset

Kegunaannya sebagai penghubung komunikasi di antara CPU dan elemen computer lain, seperti RAM.

6. RAM / Memory

RAM

RAM (Random Access Memory) pekerjaannya yaitu menyimpan data dan berbagai proses supaya bisa diakses dengan cepat oleh CPU atau elemen computer yang lain. Idealnya, makin besar jumlah RAM maka computer akan makin cepat karena makin besarnya kemampuan RAM untuk menyimpan data dan proses.

Baca Juga  Sensor Proximity Adalah? Pengertian Proximity Sensor dan Jenis-Jenisnya

Perlu Anda ketahui bahwa RAM bekerja secara bersama dengan processor, yang mana data yang disimpan itu selanjutnya akan dijalankan atau diolah oleh CPU sehingga bisa tampilkan gambaran atau visual ke monitor. Ada beberapa kapasitas RAM yang tesedia dan makin lama kemampuan RAM juga makin bertambah.

7. Video Card / GPU / VGA / Kartu Grafis

VGA

Kartu grafis atau yang umum disebut VGA / GPU / Video Card merupakan bagian computer yang bekerja mengolah grafis/tampilan. Sebagian besar pengguna computer cuman membutuhkan GPU internal (integrated), tapi gamer, animator, pendesain, dll membutuhkan dedicated GPU yang mempunyai kemampuan besar hingga dapat mengolah grafis berat.

8. ROM

ROM

ROM (Read-Only Memory) yaitu tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya. Computer modern terkini sekarang sebagian besar telah memakai UEFI dan tak lagi memakai BIOS.

9. Baterai CMOS

Baterai CMOS

Baterai CMOS ini memberi daya untuk chip BIOS, hingga pengaturan BIOS dan tanggal tidak teriset dan masih tetap jalan walau computer dimatikan.

10. Bus

BUS Komputer

Ini merupakan slot yang dapat menghubungkan berbagai card seperti external Graphic Card dan Sound Card ke motherboard.

11. Sound Card

Sound Card

Sebagian besar motherboard mempunyai sound card internal untuk mengolah suara. Akan tetapi pengguna dapat menambah sound card external bila memang diperlukan untuk kepentingan tertentu.

12. Hardisk (HDD) / SSD

Hard Disk

Hardisk merupakan media penyimpanan yang dapat dipakai untuk menyimpan data, termasuk sistem operasi. Selain HDD (Hard Disk Drive) konvensional, sekarang ini SSD (Solid State Drive) juga sudah banyak digunakan, khususnya di notebook, laptop, atau PC portabel yang lain. Dibanding HDD, SSD mempunyai kecepatan baca / catat yang lebih tinggi dan lebih irit pemakaian daya karena tidak memakai elemen mekanik di dalamnya.

Baca Juga  Switch Adalah? Beserta Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Switch!

Sama seperti dengan RAM, kemampuan hardisk atau HDD juga makin lama makin meningkat. Disamping itu, ada beberapa merek hardisk yang populer seperti Samsung, Seagete, dan lain-lain. Belum juga saat ini telah ada versi baru dari hardisk yang diberi nama SSD yang langkah kerjanya serupa dengan flashdisk.

13. Optical Drive (CD/DVD-ROM)

DVD-ROM

Walau masih terkenal dan sering dipakai, CD/DVD-ROM telah makin jarang dijumpai di computer modern, terutama di PC portabel seperti notebook dan laptop. Optical Drive seperti CD/DVD-ROM berperan untuk membaca dan menulis data ke optical disc seperti CD dan DVD.

14. Keyboard

Keyboard

Keyboard memiliki fungsi sebagai input untuk berbicara dengan computer. Praktisnya, kamu dapat menulis dan masukkan beragam perintah ke computer lewat keyboard.

15. Mouse

Mouse

Mouse sebagai input perangkat yang penting untuk bernavigasi saat menjalankan computer. Dengan adanya mouse, kamu dapat gerakkan pointer dan pilih beragam pilihan di monitor computer.

16. Monitor

Monitor

Bekerja bersama-sama dengan Graphic Card (video card / GPU / VGA), monitor berperan untuk tampilkan grafis di computer. Sekarang ini disamping monitor konvensional, monitor touchscreen semakin jadi terkenal.

Walau saat ini telah ada laptop, tetapi pemakaian computer masih tetap diperlukan karena beberapa alasan. Satu diantaranya ialah proses upgrading computer yang lebih gampang dibanding dengan yang memakai laptop di mana Anda harus buka segel lebih dulu.

Itu beberapa bagian bagian computer dan detil kegunaannya. Bila ada pertanyaan atau merasa ada beberapa komponen computer yang belum diikutkan dalam perincian di atas, silahkan langsung tulis di kolom komentar.

Leave a Comment