Pengertian Logogram, Logotype dan Logomark, Serta Perbedaannya

Logogram – Pada perjumpaan kali ini mimin akan membahas mengenai perbedaan antara logotype, logomark dan logogram.

Apakah kalian mengetahui bahwasanya dalam merancang sebuah logo yang sesuai dengan karakteristik suatu brand atau merk tidaklah mudah bagi para desainer. Yang berarti bahwa dalam pembuatan sebuah logo tidak boleh asal jadi serta melenceng dari ciri khas yang dimiliki oleh suatu brand. Nah, oleh karena itulah para desainer wajib mengetahui perihal dasar dalam pembuatan logo, seperti mengetahui perbedaan antara logo type, logomark, dan logogarm.

Logogram

Salah satu contohnya ialah logomark yang seringkali disebut dengan istilah logogram, namun sangat berbeda dalam pembuataannya, karena pada logogram dibuat dalam bentuk huruf namun kebanyakan desainnya tidak terlalu mirip dengan huruf. Nah untuk mengetahui secara pasti mengenai perbedaan dan pengetian antara logotype dan logogram. Gabungan dari keduanya biasa disebut apa? Serta juga contoh dari logotype, logomark atau logogram serta contoh gambar logo kombinasi? Untuk mengetahui secara pastinya kalian dapat membacanya pada penjelasan yang mimin sajikan berikut ini.

1. Apa itu Logotype?

Logogram

Apakah kalian mengetahui bahwasanya pengertian dari logotype merupakan sebuah elemen logo yang di dalamnya berisikan seperti nama merk maupun brand suatu lembaga atau perusahaan. Dan pengertian lainnya dari logotype ialah logo yang dibentuk hanya oleh huruf dan variasinya, sedangkan gambar hanya digunakan sebagai pelengkap saja. Dan selain dari pada hal tersebut perlu diketahui bahwa fungsi dari pembuatan logo seperti jenis ini ialah secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai identitas perusahaan yang bersangkutan atau menjadi sebuah ciri khas dari perusahaan itu sendiri.

Apakah kalian mengetahui bahwasanya kepercayaan konsumen terhadap sebuah merk tersebut sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada penjualan di pasar dan image dan juga popularitas dari perusahaan tersebut. Semakin dikenal sebagai perusahaan atau merk yang memiliki ulasan positif oleh banyak orang akan meningkatkan penjualan merk tersebut dipasaran.

Dan untuk pembuatan jenis logo satu ini biasanya dibuat secara geometris seperti gambar abstrak yang nampak seperti teks yang dapat menimbulkan efek tertentu. Untuk dapat membuat logo tersebut terlihat hidup, anda dapat menggunakan unsur warna pantone dengan latar belakang putih disekelilin logo.

Hal-hal yang membuat banyak orang yang menyukai hasil dari logotype ialah jenis font yang dipakai dan terdapat efek khusus yang dapat berfungsi untuk mencerminkan perusahaan yang mengguanakannya.

Baca Juga  Bentuk Persen dari 4 Per 5 Adalah? Inilah Jawaban dan Caranya!

Nah, apabila terdapat klien yang meminta kepada anda untuk membuat desain logo jenis ini, anda perlu mengetahui bahwasanya terdapat berbagai macam aturan sederhana yang perlu anda perhatikan, di antaranya ialah sebagi berikut:

  • Anda perlu ingat bahwa untuk dapat membuat logo tersebut, anda dapat membuatnya dengan menggunakan aplikasi vektor misalnya, yaitu dengan menggunakan Adobe Illustrator dan bukan Photoshop. Hal tersebut dilakukan agar logo dapat diskalakan kembali tanpa harus kehilangan kualitasnya.
  • Berikutnya, yaitu perlu anda pahami bahwasanya nantinya logo yang dihasilkan harus memiliki satu varian warna sahaja, misalnya hitam atau putih yang nantinya bertujuan agar dapat dengan mudah dikenali dan dapat tampil dengan lebih fleksibel saat ditampilkan saat proses pemasaran. Selain hal tersebut, watermark atau digunakan pada aplikasi yang di dalamnya terdapat fitur dark mode (mode gelap).
  • Berikutnya yaitu nantinya logo yang dihasilkan haruslah dapat dibuat dalam berbagai ukuran, dengan kata lain anda harus dapat menjaga agar teks dan garis halus di dalamnya agar tetap terlihat meskipun ukurannya telah diperkecil.
  • Pada dasarnya anda dapat membuat logo tersebut dengan berbagai warna namun disarankan agar palet warna yang anda terapkan tetap konsisten, dan saran mimin agar anda mengetahui warna yang sering dipakai dipasaran, maka anda dapat melakukan obeservasi terlebih dahulu mengenai warna yang sering dipakai oleh banyak perusahaan dalam berbagai acara yang mereka adakan. Kenapa kita perlu melakukan hal tersebut? Dikarenakan biasanya banyak masyarakat yang mulai tertarik dan mengaitkan warna tersebut dengan perusahaan atau brand yang menggunakannya.

2. Apa itu Logomark?

Logogram

Perlu anda ketahui bahwasanya Logomark merupakan logo yang berbentuk ikon, gambar, ikon simbolis atau bentuk visual lain. Apakah kalian mengetahui bahwa dikarenakan bentuk logonya yang seperti itu, banyak orang yang sering kali menyebutkannya sebagi logogram, namun kenyataannya hal tersebut cukup jauh berbeda. Selain hal tersebut, perlu anda ketahui juga bahwa logo satu ini cukup sering digunakan oleh banyak perusahaan, seperti misalnya yaitu perusahaan teknologi Apple. Dan tantangan atau kesulitan yang akan anda hadapi nantinya apabila diminta untuk dapat membuat logomark ialah menafsirkan warna logo tersebut dengan perusahaan yang akan menggunakannya.

Menurut pendapat mimin sih, pada dasarnya logomark itu memiliki bentuk yang terlihat seperti abstrak dibandingkan logotype, mengapa mimin berksimpulan seperti itu? Karena pada logomark berisikan simbol dan seringkali tidak menggambarkan atau menampakan karakteristik sebuah merk.

Baca Juga  Contoh Karir Lengkap Dengan Pengertiannya Secara Umum

Terdapat berbagai macam alasan mengapa banyak brand atau merk yang menggunakan logomark, alasannya yaitu sebagai berikut:

  • Alasan mengapa banyak perusahaan yang mengunakan logomark, yaitu dikarenakan tampilannya yang cukup unik dan menarik perhatian dengan menggunakan nilai dan ciri khasnya dan juga logomark dapat memberikan makna dari sebuah merk atau brand.
  • Dan berikutnya ialah logomark dapat dengan mudah mengambarkan nilai historis yang terkandung pada suatu brand, misalnya seperti logo Mercedes Benz bersudut tiga yang mencerminkan kendaraan di darat, udara dan laut. Seiring dengan berjalannya waktu, logo Mercedes Benz kemudian dikaitkan dengan kemewahan dan keanggunan kendaraan.

3. Apa itu Logogram?

Logogram

Apakah kalian mengetahui bahwa pengertian dari logogram ialah simbol tertulis atau bergambar yang dibuat dengan tujuan untuk mewakili identitas perusahaan atau organisasi. Dan perlu anda ketahui bahwa di dalam dunia typografi, logoram ini sering kali dikaitkan pada sistem penulisan ringkas dengan tujuan untuk dapat memperpendek kata. Banyak negara yang menggunakan sistem penulisan macam ini, misalnya yaitu negara Cina, tulisan-tulisan hieroglif mesir dan juga sistem penulisan paku awal.

Namun berbeda halnya pada teori logo, bahwa istilah logomark ini sering kali digunakan ketimbang logogram. Menurut pendapat mimin sih pada dasarnya pengertian lain dari logogram ialah suatu cara untuk dapat menciptakan sebuah desain, logo khususnya, sehingga akan terlihat minimalis namun tetap menarik.

Pada masa sekarang ini banyak perusahaan yang telah menggunakan logo seperti ini yang berfungsi untuk dapat membuat brand atau merk cukup terkenal, suatu cara merancang sebuah desain, logo khususnya, agar terlihat minimalis namun tetap menarik.

Perbedaan Logotype, Logomark dan Logogram

Perbedaan tiga istilah yang terdapat di atas pada dasarnya terletak pada bentuk atau elemen yang terkandung di dalam logo. Untuk lebih memahaminya anda dapat menyimak penjelasan singkatnya yang terdapat di bawah ini:

  • Perlu anda ketahui bahwasanya logotype merupakan sebuah logo yang di dalamnya terkandung teks yang menjadi brandmark perusahaan. Selain hal tersebut, sudah banyak organisasi yang sangat tertarik untuk dapat menggunakan logotype dan juga banyak perusahaan yang sudah menggunakan logomark. Walaupun menurut mimin sih hal tersebut masih subjektif sih dan belum terdapat penelitian yang valid dan dapat dipercaya.
  • Dan untuk pengertian logomark sendiri merupakan sebuah logo yang tidak menyertakan teks dan hanya menggunakan simbol, ikon atau karakter khusus lainnya.
  • Untuk pengertian logotype sendiri merupakan logo yang fokus pembuatannya terdapat pada nama perusahaan atau insial. Berbeda dengan logomark yang lebih berfokus pada gambar simbolik atau ikon yang dapat menceriminkan perusahaan tersebut sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa dua-duanya merupakan logo yang dapat menjadi identitas merk atau sebagai perwakilan brand.
Baca Juga  Bentuk Desimal dari 2 per 7 Adalah? Lihat Jawabannya Di sini!

Sehingga apabila anda dihadapkan oleh desainer dan ia bertanya perihal jenis logo apakah yang anda inginkan, sebagai seorang klien?

Sebenarnya yang terjadi ialah mereka bertanya mengenai logo apa yang anda minta, apakah logo teks (logotype) atau logo gambar (logomark). Dan apakah kalian mengetahui bahwasanya logotype seringkali disebut wordmark atau letermark.

Juga terkadang logomark disebut juga sebagai logo bergambar (pictorial logos) atau logo bersimbol (logo symbols). Dan untuk contoh logotypes sendiri seperti misalnya logo Google, Visa, Coca-cola, Grab dan lain sebagainya. Dan untuk contoh logomark sendiri contohnya ialah seperti logo yang digunakan oleh Twitter, Apple, Gojek dan lain sebagainya.

Apakah kalian mengetahui bahwasannya logomark dan logotype dikenal juga dengan istilah combination mark atau pengkombinasian antara dua bentuk logo seperti yang mimin jelaskan di atas. Dan biasanya Logo kombinasi ini menyertakan teks dan simbol atau gambar, dengan kata lain teks dan gambar dibuat dalam satu desain. Dan apakah kalian mengetahui bahwasanya di negara kita Indonesia banyak perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan logo kombinasi dibandingkan logomark atau logotype.

PENUTUP

Memabahas mengenai sebuah logo secara tidak langsung kita juga membahas perihal tampilan visual, dengan kata lain apa yang terlihat setelah logo itu jadi dan sudah siap digunakan. Maksudnya ialah logo bukan merupakan apa yang terlihat, namun juga berkaitan dengan unsur apa saja yang membentuknya, bagaimana proses pembuatannya, apa pesan yang terkandung di dalamnya dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai pengertian & perbedaan logotype, logomark dan logogram. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Apabila anda yang kurang paham mengenai penjelasan yang terdapat di atas dan ingin menambahkannya, silahkan anda dapat meninggalkannya di kolom komentar yang terdapat di bawah.

Semoga juga kalian sering berkunjung ke situs ini, karena nantinya terdapat berbagai macam penjelasan yang berguna dan juga bermanfaat.

Leave a Comment