Latar Adalah? Pengertian Latar dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Latar Adalah? – Mungkin banyak orang yang tidak asing dengan kata ini, pada pembahasan kali ini akan sajikan kepada anda pengertian dari latar adalah? Bagi kalian yang belum mengetahui pengertian dari latar atau bahkan ingin mengetahui lebih jauh pengertian dari latar ini maka silahkan baca artikel ini hingga akhir.

A. Pengertian Latar Adalah?

Latar Adalah

Apa yang dimaksud dengan Latar adalah keterangan mengenai ruang dan waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa di dalam suatu karya sastra, atau pengertian dari latar lainnya ialah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang kejadiannya terjadi pada satu waktu/peristiwa di dalam karya sastra.

Latar juga dapat diartikan sebagai semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berkaitan dengan ruang, waktu serta juga suasana. Latar diantaranya terdiri atas penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu terjadinya peristiwa, lingkungan agama, muslim, moral, intelektual sosial, serta emosional si pelaku/tokoh.

B. Macam-Macam Latar

Jenis-jenis latar di antaranya sebagai berikut:

1. Latar Waktu

Latar waktu ialah saat di mana tokoh ataupun si pelaku sedang melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang telah/sedang terjadi.

Seperti contohnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dahulu, di masa depan dan lain sebagainya.

2. Latar Tempat

Latar tempat adalah di mana tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa di dalam cerita, seperti contohnya ialah: Di dalam bangunan tua, di sebelah gedung, di lautan, di dalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan berbagai contoh lainnnya.

Baca Juga  Bentuk Desimal dari 2 per 7 Adalah? Lihat Jawabannya Di sini!

3. Latar Suasana

Latar suasana yaitu keadaan atau situasi apa saja yang terjadi saat si tokoh atau si pelaku melakukan sesuatu. Seperti contohnya: saat galau, gembira, lelah, sedih dan berbagai contoh lainnya.

4. Latar Alat

Latar alat yaitu peralatan apa saja yang dibutuhkan atau digunakan si pelaku dalam suatu cerita. Misalnya saja seperti: tombak, pistol, pedang, buk, pulpen dan berbagai contoh lainnya.

C. Fungsi Dari Latar

Latar berfungsi untuk memberikan suatu penggambaran yang jelas mengenai suatu peristiwa sehingga peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada suatu karya sastar telihat benar-benar terjadi atau juga dapat memberikan informasi yang jelas mengenai situasi di dalam sebuah cerita.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Latar dan jenis-jenisnya secara lengkap. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian dapat mengerti dan bisa menemukan informasi yang sedang dicari secara lengkap dan benar.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

Leave a Comment