Krisis semikonduktor pengaruhi kinerja Kia di Indonesia

Jakarta (Beskem.id) – Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (distributor Kia di Indonesia), Ario Soerjo mengakui adanya penurunan penjualan yang dialami Kia dibandingkan tahun lalu.

Penurunan penjualan tersebut, kata dia, disebabkan keterlambatan pengiriman dari negara asal akibat krisis semikonduktor atau chip. Meski begitu, ia optimistis penjualan merek otomotif Korea Selatan itu akan tetap stabil pada tahun ini.

“Kalau penjualan sampai bulan September kemarin, dibandingkan dengan tahun sebelumnya memang ada penurunan. Akan tetapi, pencapaian SPK tahun ini masih stabil,” ungkap Ario Soerjo di Kawasan BSD, Tangerang, Rabu.

“Penurunan itu dikarenakan supply kita terkendala dari Korea, untuk semua model. Microchip masih juga menjadi kendala yang berakibat ke demand,” ucap dia.

Ia memastikan bahwa perusahaan akan berupaya mengirimkan kendaraan kepada konsumen yang telah memesan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, salah satunya adalah Kia Carens.

“Contohnya itu Kia Carens, indennya sudah 6 bulan dari India. Kami sangat berjibaku untuk bisa minta sebanyak-banyaknya. Kan di GIIAS itu kami janji delivery langsung. Memang sudah ada yang kami salurkan ke konsumen tapi memang belum semuanya,” kata dia.

“SPK total dari GIIAS sampai sekarang itu kurang lebih sudah mencapai 600-an. Tapi pasokan baru 100-an yang sudah dijalan. Kami harapkan di kuartal ini dapat suplai banyak dan kita bisa kejar kekurangannya,” jelas dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Mengintip keistimewaan NEV China yang digunakan di KTT G20 Bali

Leave a Comment