11 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F, Tertarik Membeli?

oppo reno 4 f kelebihan dan kekurangan – Untuk para penggemar smartphone yang saat ini sudah menduduki salah satu pasar android terbesar di indonesia, yaitu brand kesayangan banyak cewek, yang sekarang sudah banyak sih dipake para cowok juga, yaitu Oppo. Nah, baru-baru ini Oppo Indonesia telah resmi meluncurkan Oppo Reno4 F. Smartphone ini dikabarkan sudah mulai bisa dipesan sejak tanggal 12 hingga 16 Oktober 2020. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mendapatka bonus langsung yaitu Giftbox OASE LP01 yang seharga Rp. 800.000. Maka kalau kalian tertarik silahkan segera melakukan pembelian Pre-order.

Oppo Reno4 F ini memiliki desain yang ramping banget, mungkin untuk sebagian dari kalian bisa atau akan cocok untuk menggunakan Smartphone keluaran Oppo ini sebagai daily driver. Namun sebelum membelinya, ada baiknya kita bahas dulu review mengenai Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F berikut ini.

KELEBIHAN OPPO RENO 4 F

1. Desain Body Yang Ringan dan Tipis Yang Stylish

oppo reno4 f

Untuk saat ini seri Reno yang paling tipis dipegang oleh HP Reno4 F ini, yang memiliki ketebalan yaitu 7,48mm saja. Disandingkan dengan beratnya yang juga sudah pasti ringan, yaitu 164 gram di genggaman. Jadi ketika kita genggam, akan terasa sensasi grip yang mantap. Karena persatuan antara bodi yang tipis dan berat yang ringan menjadikan Oppo Reno4 F lebih simpel dan cocok banget untuk disimpan dalam saku celana.

Bukan hanya itu saja kelebihan desainnya, namun semua itu dibalut lagi dengan Finishing Shiny Matte pada bagian cover belakangnya. Yang membuat desain Oppo Reno4 F akan terlihat berkelas, dan bodinya yang menggunakan Shiny Matte telah membuat bodi Reno4 F tidak gampang kotor oleh bekas sidik jari pengguna. Ada dua varian warna yang dapat kamu pilih, antara lain yaitu Matte Black dan Metallic White.

2. Kualitas Layarnya Yang Bagus Dengan Super AMOLED

Dengan ukuran layar 6,43 inci, Oppo Reno4 F juga sudah menggunakan tipe layar Super AMOLED menggunakan resolusi Full HD+ atau seukuran 2400×1080 pixel. Dengan fitur tersebut membuat layar Reno4 F ini bisa lebih tampak terang dengan kecerahan sampai dengan 800 nits, jadi kamu tidak akan kesusahan lagi untuk melihat konten dengan Reno 4 F di bawah terik matahari yang menyengat. Ditambah lagi layar tersebut sudah mendapat sertifikasi TUV Rheinland.

Baca Juga  Download GCam Oppo A5s (Mode Malam, HDR Plus, dan Zoom)

Mungkin cocok banget untuk kamu yang sering berada di lapangan, atau bekerja dan bermain di tempat terbuka yang diterangi sinar matahari. Karena salah satu kekesalan menggunakan HP dengan layar redup yaitu susah untuk melihat konten dengan jelas saat berada di luar ruangan, saya sendiri sering merasakannya.

3. Performa Yang Ngebut untuk Kebutuhan Harian

oppo reno4 f

Oppo Reno4 F dibekali dengan spesifikasi berupa Chipset MediaTek Helio P95 octa-core, RAM sebesar 8GB dan storage internal yang cukup luas, yaitu 128 GB. Dengan RAM yang cukup besar, maka akan lebih lega untuk aktivitas harian kita. Menggunakan banyak aplikasi sekaligus dan beralih dari aplikasi ke aplikasi lain juga terasa kencang dan lancar. Dengan fitur Anti-Lagging Algorithm yang ditanamkan Oppo, maka Reno4 F akan mendeteksi dan membereskan data yang bisa mengganggu kelancaran pemakaian.

Gimana, lumayan oke kan?

4. Kamera Bagus Dengan Beragam Fitur Menarik

oppo reno4 f

Pada bagian bodi belakang Oppo Reno4 F terdapat 4 buah kamera yang memiliki sensor utama sebesar 48 megapixel f/1.8, sensor 8 megapixel dengan lensa wide-angel, sensor 2 megapixel mono, serta satu sensor 2 megapixel lain. Dari segi desain atau penempatan kamera cukup mirip dengan desain kamera Iphone, namun Oppo memiliki 4 kamera.

Fitur menarik di dalam kamera yang selalu jadi daya tarik HP Oppo juga pastinya hadir dalam seri Reno4 F ini. Fitur-fitur menarik tersebut antara lain yaitu AI Color Portrait yang bisa membuat latar belakang menjadi hitam putih, AI Super Night Portrait yang berguna untuk membuat selfie jernih pada malam hari, AI Night Flare Portrait yang bisa digunakan untuk menciptakan foto dengan background berefekan neon artistik, juga AI Super Clear Portrait yang akan meningkatkan kualitas detail pada saat pengambilan gambar.

Baca Juga  Cara Mudah Menyalakan Senter HP Vivo

5. Dual-Lens Bokeh untuk Swafoto juga Video

oppo reno4 f

Dilengkapi dengan fitur Dual-Lens Bokeh yang menggunakan dua kamera depan sebesar 16 megapixel dan sensor 2 megapixel. Yang pastinya mampu menciptakan foto portrait dengan efek blur yang rapi, dan juga dua kamera depan Oppo Reno4 F ini didukung oleh fitur AI Color Portrait dan bisa merekam video dengan efek bokeh.

Untuk kamu yang suka menggunakan efek-efek bokeh, pasti fitur ini nih yang bakal menarik perhatian kamu dalam membeli sebuah smartphone kan?

6. Merekam Video Dengan Peredam Guncangan (Ultra Steady)

Untuk orang-orang yang suka membuat konten berupa video, maka kalian juga bisa merekam hingga resolusi 4K dengan menggunakan Oppo Reno4 F ini. Ditambah lagi dengan adanya fitur Ultra Steady yang mampu untuk meredam guncangan atau goyangan ketika sedang merekam video. Yang akan membuat perekaman video menjadi lebih stabil bahkan tanpa menggunakan alat bantu seperti Gimbal.

Bisalah nih dipake untuk buat konten youtube, buat yang ingin menjadi seorang youtube. Hehehehe

7. Terdapat Fitur Baru, Air Gestures dan Super Power Saving Mode

Super Power Saving Mode

Apakah kalian sudah mengenal fitur yang bernama Air Gestures ini?

Ituloh, fitur yang membuat kalian bisa mengangkat panggilan telpon yang masuk tanpa harus menyentuh layar handphone seperti pada umumnya. Cukup menggerakan tangan dari jarak 20-50 cm dari atas layar, maka sensor akan mendeteksi dan mengangkat panggilan tersebut.

Nah, fitur ini sudah ada di dalam smartphone Reno4 F. Bukankah lumayan berguna kan? Apalagi ketika kita sedang makan atau ketika tangan sedang kotor, pas pula ada yang nelpon, jadi bisa segera diangkat tanpa harus buru-buru mencuci tangan lagi. Apalagi jika yang nelpon ayang beb.

Fitur kedua adalah Super Power Saving Mode, fitur yang menurut saya sangat bermanfaat saat keadaan darurat. Karena dengan fitur ini, mampu menjaga baterai menjadi lebih tahan lama, ketika baterai Reno4 F tinggal 5%, kalian masih bisa untuk menggunakan aplikasi WhatsApp selama 35 menit, menggunakan Google Maps selama 52 menit, ataupun untuk menggunakan Gojek dan menelpon mantan sampai 70 menit.

Gimana, cukup nahan banget kan?

Baiklah, setelah membaca review positifnya tadi, maka di bawah ini kita akan masuk ke bagian “kekurangan” atau sisi negatif dari Oppo Reno4 F berikut ini.

KEKURANGAN OPPO RENO4 F

1. Peningkatan Fitur AI Color Portrait pada Kamera Selfie

AI Color Portrait

Sebenarnya masih perlu peningkatan atau update lagi pada fitur AI Color Portrait di kamera selfie Oppo Reno4 F ini. Karena kadang warna subjek utama pada hasil foto menggunakan fitur ini masih tampak kurang akurat, terkhusus di bagian wajah. Jadi sepertinya pihak Oppo perlu untuk memberkan update untuk lebih meningkatkan kemampuan pada fitur ini.

Baca Juga  6 Tips Penting Untuk Menghindari Digital Phising

Agar menjadi semakin sempurna dan benar-benar memberikan hasil yang memuaskan untuk para penyuka selfie.

2. Video Bokeh Kamera Depan Dengan Resolusi Terbatas

Jika kita merekam menggunakan kamera depan Oppo Reno4 F dengan mengaktifkan fitur bokeh, maka resolusi mentok yang dapat kita gunakan hanya di angka 720p saja. Untuk kamu yang ingin merekam hingga ukuran 1080p, maka tidak bisa menggunakan fitur bokeh tersebut.

Ya itu memang kalau kamu sering banget menggunakan fitur video bokeh kamera depan, mungkin bagi yang jarang menggunakan fitur ini tidak menjadi terlalu masalah ya?

3. Kualitas Gaming Masih Kalah dari Pesaingnya

gaming oppo reno4 f

Jika kalian mengharapkan kualitas gaming yang tinggi, apalagi untuk sekelas profesional, mungkin Oppo Reno4 F ini masih sedikit tertinggal dibandingkan para pesaing di kelas harga yang sama. Namun bukan berarti kualitasnya buruk, atau bahkan tidak bisa digunakan untuk memainkan game berat.

Reno4 F ini jika digunakan untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile masih bisa memberikan frame rate yang stabil dengan pengaturan grafis Smooth-High. Jadi ya masih lancar-lancar saja memainkan game dengan kualitas high.

4. Tidak Memiliki Fitur NFC

Jangan berharap HP ini memiliki fitur NFC, karena memang Oppo tidak menanamkan fitur NFC di dalam Reno4 F ini.

Jadi mungkin untuk klean yang sering atau bahkan setiap hari memakai fitur ini, maka akan menjadi sebuah kendala. Namun jika klean jarang atau bahkan tidak pernah memanfaatkan fitur NFC ini, maka tidaklah menjadi sebuah masalah. Ya gak?

Nah jadi itulah perbandingan kelebihan dan kekurangan oppo reno 4f. Yang mungkin bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan yang tepat.

Jika kamu tertarik dengan kelebihannya, dan tidak terlalu terkendala dengan kekurangannya, maka silahkan langsung mengegas HP ini. Namun jika kekurangan dari HP ini adalah hal yang penting bagi kamu, maka silahkan pertimbangkan HP Oppo lain atau dari merek lainnya.

Sayonara!

Leave a Comment