Inilah Hasil Kamera Oppo A5 2020, Lihat Dulu Baru Beli!

Hasil Kamera Oppo A5 2020 – Hasil video dan foto yang bagus dengan menggunakan handphone selalu diimpikan pengguna di Indonesia. Bila dahulu pengguna handphone di kelas harga 2 juta-an rupiah harus senang dengan hasil photo yang ngepas, sekarang OPPO ingin menggedor asumsi itu dengan A5 2020.

Ada dua feature mencolok yang dibawa OPPO A5 2020 yakni quad-camera (empat camera) dan support perekaman video 4K. Tetapi apakah kwalitasnya sebagus claim OPPO? Berikut pembahasan kami mengenai camera OPPO A5 2020.

Kamera belakang utama

Tidak sama dengan A9 2020 yang mempunyai camera utama 48 megapixel dengan sensor ISOCELL GM1, kamera utama OPPO A5 2020 memakai sensor Sony dengan resolusi 12 megapixel. Untuk pemakai pemula yang tak pernah cetak photo dalam ukuran besar dan seringkali nikmati hasil fotonya di monitor handphone atau computer, perbedaan resolusi 12 megapixel dan 48 megapixel tak kan berarti.

Berikut detail komplet kamera OPPO A5 2020:

  • 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF
  • 8 MP, 13mm, (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Untuk modus pengambilan foto, OPPO A5 2020 sama dengan OPPO A9 2020. Selain Ultra Night Mode 2.0, ada juga model slow-motion dan time-lapse yang telah lama ditemui di smartphone OPPO.

Lantas bagaimanakah dengan hasil fotonya? Kamera utama OPPO A5 2020 pantas diacungi jempol. Pada keadaan cahaya bagus, hasil fotonya kelihatan penuh detail dan tajam. Reproduksi warna baik dan kelihatan lebih “tenang” dibanding kamera OPPO F11. Berikut hasil photo OPPO A5 2020 tanpa pengeditan.

Anda dapat aktifkan Dazzle Color untuk memberi warna extra di foto yang telah cukup menghilang saat keadaan cahaya cukup menurun, seperti contoh berikut.

Berganti ke malam hari ketika keadaan sinar semakin menurun, OPPO A5 2020 memercayakan Ultra Night Mode. Hasilnya lumayan oke, bila cuman untuk disaksikan di layar smartphone yang memiliki ukuran kecil. Noise memang kelihatan minimum, tetapi dengan mempertaruhkan detail pada foto, sama dalam photo berikut.

Baca Juga  Redmi Note 10 5G, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Ada Expert Mode, yang bila dipadankan dengan tripod, untuk hasilkan photo malam hari yang lebih baik.

Keseluruhannya, kamera belakang utama OPPO A5 2020 sanggup hasilkan photo yang sangat bagus untuk kelas harganya.

Monokrom dan Portrait

Ada dua kamera tambahan yang diberi OPPO di A5 2020 yakni kamera monokrom 2 megapixel dan kamera portrait atau pengukur kedalaman 2 megapixel. Perannya sudah jelas yakni hasilkan photo hitam-putih dan photo portrait dengan effect bokeh yang sedap dilihat dan rapi.

Untuk aktifkan mode monokrom, pilih efek warna R6 yang langsung mengganti layar jadi hitam putih. Hasil photo hitam-putih di keadaan sinar bagus kelihatan baik dan nikmat di mata, dengan kontras tinggi dan tempat shadow yang menyimpan detail. Exposure masih memprioritaskan subyek manusia, hingga ada saatnya hasil photo kelihatan sangat terang (over-exposure).

Berikut hasil photo hitam-putih OPPO A5 2020 tanpa pengeditan:

Hasil foto portrait mengalami pembaruan, apa lagi bila dibanding dengan mode portrait OPPO seri A sebelumnya. Meskipun lebih rapi, masih tetap kelihatan beberapa pemotongan yang tidak pas khususnya di bagian rambut, tangan dan telinga. Tetapi kekurangan ini umumnya cuman akan jelas bila gambar diperbesar.

Harus diingat , dampak bokeh portrait yang bagus bergantung pada tehnik pengambilan gambar. Bila jarak latar sangat dekat sama subyek, atau latar terlalu “ramai”, effect bokeh akan kurang maksimal.

Berikut hasil foto OPPO A5 2020 dengan mode portrait tanpa pengeditan:

Satu perihal lagi, yakinkan keadaan cahaya cukup jelas saat memfoto dalam model Portrait untuk hasil yang baik. Keadaan cahaya remang-remang akan merepotkan smartphone untuk hasilkan efek bokeh yang bagus dan justru hasilkan photo yang nyaris buram.

Daya tarik kamera ultra lebar

Awalnya smartphone dengan lensa ultra lebar di bawah 3 juta rupiah sudah ada. Namun, kualitas fotonya buruk dan cuman efisien di luar ruangan dengan keadaan cahaya yang sangat terang.

Hal tersebut nampaknya jadi perhatian OPPO saat memasukkan kamera ultra lebar bersudut pandang 119 derajat dengan sensor Omnivision 8 megapixel. Perbedaan sudut pandang dengan kamera belakang utamanya kelihatan signifikan. Dengan kamera ultra lebar ini, Anda dapat masukkan semakin banyak objek ke dalam frame. Berikut perbedaannya.

Baca Juga  Cara Mengatasi "sayangnya proses com.android.phone telah berhenti"

Hasil foto di keadaan cahaya bagus termasuk sangat baik, apa lagi bila ingat smartphone ini dipasarkan sekitaran 2 juta-an rupiah. Tetapi bila dibanding dengan kamera utama 12 megapixelnya, hasil foto dari kamera ultra lebarnya kalah dari sisi ketajaman, dynamic kontras warna dan range. Berikut sejumlah hasil photo dengan camera ultra lebar OPPO A5 2020 tanpa pengeditan.

Video 4K tanpa stabilizer

Satu penambahan yang terasa, bahkan juga bila dibanding dengan OPPO F11 sekalipun, ialah kualitas video. Kekuatan perekam video 4K yang dipunyai OPPO A5 2020 masih jarang-jarang dijumpai di smartphone lain di kelas harganya.

Pada keadaan cahaya bagus di luar ruangan, hasil videonya sangat baik. Meskipun ada EIS (Electronic Image Stabilizer), hasil rekaman video akan kurang nikmat disaksikan bila Anda gerakkan tangan terlalu cepat. Jadi yakinkan tangan Anda stabil saat merekam. Kualitas suaranya cukup baik. Berikut hasil rekaman video 4K dari OPPO A5 2020 tanpa pengeditan.

Yang mengagetkan, hasil rekaman video di waktu malam hari tergolong sangat bagus untuk handphone seharganya. Disamping cukup jernih, objek dan suara yang diamankan masih tetap kelihatan jelas. Berikut contoh rekaman video OPPO A5 2020 pada malam hari.

Standard baru dalam kelasnya

Tidak menghiraukan hasil foto malam hari, kamera OPPO A5 2020 sanggup dihandalkan untuk merekam peristiwa hebat di sehari-hari penggunanya. Hasil foto 12 megapixel lebih dari mencukupi di keadaan cahaya ideal. OPPO A5 2020 sanggup merekam photo dengan rentang aktif (dynamic range) yang cukup luas. Ada tambahan lensa ultra-wide dengan kualitas yang bagus membantu saat ingin memfoto panorama atau arsitektur dengan sudut pandang yang lebih luas.

Selainnya dampak monokrom yang lumayan baik namun tetap terbatas dan kurang digunakan oleh pemakai pemula, mode portrait lumayan baik meskipun cuman efisien di keadaan kurang cahaya.

Yang mengagetkan dari OPPO A5 2020 ialah kualitas rekaman videonya. Sekarang ini masih jarang-jarang handphone di kisaran harga 2 juta-an rupiah yang sanggup record video 4K. Lebih dari sekadar feature untuk menolong pemasaran, feature video 4K OPPO A5 2020 sanggup hasilkan rekaman yang sangat baik dengan audio yang jelas. Dengan kekuatan camera yang dijajakan A5 2020, OPPO sukses meningkatkan standard hasil video dan foto untuk smartphone di kelas harga 2 jutaan rupiah.

Baca Juga  Cara Cek Poin Indosat Ooredoo dan Cara Menukarnya

Yang Hebat:
+ Kamera utama sanggup hasilkan photo sangat bagus untuk harganya, di keadaan cahaya jelas.
+ Hasil foto dari kamera ultra lebar termasuk baik di keadaan cahaya bagus.
+ Mode portrait cukup halus dan rapi.
+ Ada pilihan Dazzle Color untuk membikin warna lebih “keluar” saat cahaya remang-remang.
+ Night Mode untuk photo malam hari.
+ Hasil rekaman video 4K yang tajam dengan audio jernih.

Yang Kurang:
– Hasil foto kamera utama dan ultra lebar di keadaan kurang cahaya ngepas.
– E.I.S untuk video masih perlu ditingkatkan.
– Kualitas kamera ultra-wide masih di bawah kamera utamanya.
– Kamera monokrom kurang bermanfaat untuk pemakai awam.

Kesimpulan

Mengesampingkan hasil foto malam hari, kamera OPPO A5 2020 sanggup dihandalkan untuk merekam momen seru di keseharian pemakainya. Hasil foto 12 megapixel lebih dari mencukupi di keadaan cahaya ideal. OPPO A5 2020 sanggup merekam photo dengan rentang aktif (dynamic range) yang cukup luas. Ada tambahan lensa ultra-wide dengan kualitas yang bagus, membantu saat ingin memfoto panorama atau arsitektur dengan sudut pandang yang lebih luas. Selain efek monokrom yang lumayan baik namun tetap terbatas dan kurang dipakai oleh pemakai pemula, mode portrait lumayan baik meskipun cuman efektif di keadaan kurang cahaya. Yang mengejutkan dari OPPO A5 2020 ialah kualitas rekaman videonya.

Sekarang ini masih jarang-jarang smartphone di kisaran harga 2 jutaan rupiah yang sanggup record video 4K. Lebih dari sekadar feature untuk menolong pemasaran, feature video 4K OPPO A5 2020 sanggup hasilkan rekaman yang sangat baik dengan audio yang jelas. Dengan kekuatan kamera yang dijajakan A5 2020, OPPO sukses meningkatkan standard hasil video dan foto untuk smartphone di kelas harga 2 juta-an rupiah.

Leave a Comment