Impresi positif mobil keluarga KIA Carens

Jakarta (Beskem.id) – PT Kreta Indo Artha (KIA) telah meluncurkan mobil yang dirancang untuk keluarga modern yaitu KIA Carens versi mesin 1,4 turbo dan 1,5 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Mereka kemudian mengajak awak media untuk merasakan secara langsung sensasi berkendara menggunakan salah satu varian yang ditawarkan di pasar Indonesia, yaitu varian 1,5. Meski demikian, jalur yang disediakan tidak terlalu jauh.

Namun, jarak yang cukup pendek tersebut mampu memberikan kesimpulan yang positif bagi Carens untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi mereka yang sedang mencari kendaraan yang bisa menampung banyak penumpang di dalamnya.

Seperti diketahui bersama, masyarakat Indonesia memang sangat gemar untuk membawa sanak keluarga dalam perjalanannya. KIA Carens dirasa dapat menjadi pilihan bagi keluarga yang sedang mencari kendaraan dengan konfigurasi 7 penumpang.

Tidak hanya dapat menampung banyak penumpang di dalamnya, suasana yang lapang di dalam kendaraan juga mampu memberikan kenyamanan bagi siapapun yang sudah masuk ke dalam kendaraan tersebut.

Mobil ini memang memiliki desain interior yang cukup lapang baik dari sisi pengendara dan juga penumpang di baris pertama, kedua hingga ketiga. Kalau melihat catatan dimensinya, mobil ini memang cukup menyenangkan dengan tinggi 1708, panjang 4540 jarak sumbu roda 2780 dan lebar 1800.

“Kia Carens memang dirancang untuk keluarga modern di Indonesia, yang gemar berpetualang bersama-sama,” ungkap Marketing & Development Division Head dari PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo di BSD, Tangerang pada sesi media test drive Kia Carens, Rabu (12/10).

KIA Carens varian 1.5 non turbo. (ANTARA/Chairul Rohman)

Pada bagian dalam, mobil ini sudah didesain senyaman mungkin. Hal itu dibuktikan dengan desain lingkar kemudi yang sudah bisa diatur sesuai keinginan driver (tilt dan telescopic).

Baca Juga  Rawat mobil saat musim hujan dengan empat langkah sederhana

Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan pada saat berkendara, pada bagian lingkar kemudinya juga sudah dilengkapi berbagai tombol pengatur yang berguna ketika sedang berkendara, salah satunya adalah tombol cruise control yang sangat membantu pengendara saat sedang lelah menginjak pedal gas.

Selain itu, ketika hendak membawa barang banyak, bagian bangku penumpang belakang bisa dimanfaatkan. Hal tersebut dikarenakan bangku bagian kedua dan ketiga bisa dilipat dan dimanfaatkan.

Pada bangku bagian penumpang di baris kedua, posisi ini bisa dilipat dengan pembagian 60 banding 40, sedangkan pada bangku bagian ketiga itu bisa dilipat secara rata atau 50 banding 50.

Tampilan luar dan mesin

Pada bagian luar, KIA Carens memiliki desain yang mewah berkat hadirnya gril yang menyatu sebagai ciri khas dari kendaraan tersebut. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan foglamp yang menggunakan LED, serta lampu utama yang juga sudah diasupi dengan LED.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan penggunaan kaca spion yang sudah electric Mirror with Folding,. Untuk menambah kesan elegan dan mewah, mobil ini sudah dilengkapi dengan sunroof.

Untuk urusan performa, mobil ini memang sudah cukup dengan mesin 1.5 yang menghasilkan tenaga sebesar 115 PS pada rentang 6.300 rpm dengan torsi yang dihasilkan mencapai 144 Nm pada rentang 4.500 rpm yang disalurkan melalui transmisi IVT delapan percepatan.

KIA Carens varian 1.5 non turbo. (ANTARA/Chairul Rohman)

Meski begitu, pengemudi tidak bisa asal injak pedal gas untuk menghasilkan tenaga yang diinginkan. Pengemudi disarankan untuk melakukan penginjakan gas secara berkala atau tidak langsung menginjak secara dalam.

Karena memang, tenaga tidak langsung menonjol ketika awal mula berkendara. Hal itu dikarenakan memang sesuai dengan karakter dari transmisi IVT yang memang sangat cocok dikendarai dengan secara halus.

Baca Juga  Pameran diecast IDE 2022 digelar "offline" setelah dua tahun virtual

Untuk urusan sistem keamanan sendiri, mobil ini sudah dilengkapi dengan enam buah airbags, High Line TPMS, lalu dari seaatbaelt sudah mengusung 3 Point ELR High Adjusment (Driver & Passenger), dan ada juga untuk memudahkan saat parkir sudah dilengkapi dengan PDW (Parking Distance Warning) Forward & Reverse.

Belum maksimal

KIA Carens memang memiliki berbagai kelebihan baik dari sisi interior maupun eksterior. Meski begitu, tidak ada sebuah kendaraan yang hadir dalam keadaan sempurna.

Dengan harga yang ditawarkan mencapai Rp389 juta, tidak semua fitur masuk ke dalam kendaraan yang dibuat di India itu. Pasalnya, kendaraan ini masih menggunakan rem tangan manual dan belum elektrik.

Selain itu, untuk pengaturan kursi depan dan juga penumpang di baris pertama belum dilengkapi dengan pengaturan yang elektrik alias masih menggunakan cara yang manual untuk pengaturannya.

“Mobil itu ada umurnya, ada product life cycle-nya, kita tidak mau keluarin (fitur) semuanya,” ungkap Ario Soerjo di BSD, Tangerang pada sesi media test drive Kia Carens.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwasanya kendaraan KIA Carens akan memiliki fitur dan juga teknologi seperti yang sudah banyak dimiliki oleh pesaingnya di pasar otomotif Indonesia.

“Jadi tiap tahun nanti akan ada upgrade, tambahan fitur, pelan-pelan lah,” jelas dia.

KIA Carens hadir dengan dua varian, untuk yang pertama adalah dengan kapasitas mesin 1.400 cc turbo dengan harga Rp449 juta. Lalu ada juga vairan 1.5 non turbo dengan harga lebih murah yakni Rp389 juta.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Kontes modifikasi BlackAuto Battle 2022 digelar di Pantai Pandawa Bali

Leave a Comment