16 Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard Komputer / Laptop

Fungsi Tombol Shift – Umumnya tombol shift pada keyboard terletak di bagian bawah sebelah kanan dan kiri. Jika sebelah kanan, maka terletak tepat di bawah tombol Enter. Sementara jka di sebelah kiri berada tepat di bagian bawah tombol Caps Lock. Hal ini memang umum terjadi, karena pada semua keyboard laptop maupun pc terdapat tombol ini.

Biasanya tombol Shift hanya digunakan ketika ingin membuat simbol seperti tanda seru(!), pagar(#) dan lain sabagainya, di mana simbol-simbol tersebut hanya bergabung atau menyatu menjadi satu kesatuan dengan tombol angka dan beberapa tombol lainnya. Sehingga ketika ingin melakukan input secara tidak langsung kita juga harus menekan tombol shift juga.

Tetapi sebenarnya tombol shift juga memiliki banyak fungsi penting lainnya, mungkin seperti kita bisa saja melakukan pengetikan dengan keyboard lebih cepat. Karena yang juga kita ketahui bahwa kita bisa langsung menggunakan tombol shift pada keyboard untuk menjalankan perintah secara langsung, ya tetapi perlu diingat kita juga harus mengkombinasikannya dengan tombol tertentu lainnnya.

Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard

Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai fungsi tombol shift yang lebih mendalam pada tombol shift lebih banyak. Maksudnya di sini tidak hanya sekedar membuat simbol saja.

1. Menulis Simbol ( [email protected]#$%^&*_+ )

fungsi tombol shift

Seperti yang saya jelaskan di atas sebelumnya, bahwa tombol shift memiliki fungsi untuk penulisan simbol.

Mengapa kita dapat melakukan penulisan simbol dengan hanya menggunakan tombol shift? Dikarenakan letak tombol simbol dibuat satu tempat atau bareng dengan tombol angka serta beberapa tombol lainnya. Sehingga saat anda tidak menekan tombol shift saat ingin membuat simbol ( [email protected]#$%^&*_+ ) maka yang akan keluar atau terinput adalah berupa angka.

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui dengan pasti alasan tombol simbol dibuat satu tempat dengan angka, kemungkinan alasan terbesarnya adalah sang penemu telah memperhitungkannya. Sehingga jumlah tombol pada keyboard tidak terlalu banyak, mengingat jumlah jari manusia yang hanya berjumalah sepuluh saja.

Yang pasti bahwa setiap anda ingin melakukan penulisan simbol, maka anda harus menekan tombol shift kemudian menekan tombol simbol yang akan ditulis. Salah satu contohnya jika anda ingin menulis simbol bintang (*) satu tempat dengan tombol 3. Tombol shift di sini bisa menggunakan yang sebelah kiri atau pun yang sebelah kanan.

Cara menulis simbol dengan menggunakan tombol shift adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan menekan dan menahan tombol Shift.
  • Tekan tombol Simbol yang anda inginkan.
Baca Juga  5 Versi Windows 7 dan Masing-Masing Perbedaannya

2. Membuat Huruf Kapital (Besar)

Selanjutnya fungsi lain dari tombol shift adalah membuat huruf kapital (besar).

Biasanya ketika membuat huruf kapital bisa dilakukan hanya dengan cara menekan tombol Caps Lock sehingga secara otomatis huruf yang diinput akan menjadi huruf kapital.

Tetapi yang menjadi kekurangannya adalah sering kali kita hanya dapat membuat huruf kapital pada awal kata saja. Sehingga dianggap menggunakan tombol Caps Lock kurang efesien. Cara lainnya untuk membuat membuat huruf kapital (besar) yaitu dengan menggunakan tombol shift.

Memiliki cara yang sama ketika ingin menulis simbol, dengan menekan tombol shift kemudian menekan tombol huruf yang diinginkan secara bersamaan, sehingga secara otomatis huruf yang diinput akan menjadi huruf kapital.

Cara membuat huruf kapital (besar) dengan menggunakan tombol shift sebagai berikut:

  • Menekan tombol Shift serta menahannya.
  • Lalu tekan tombol Huruf yang diinginkan.

3. Membuat Huruf Kecil (lowercase)

Fungsi lainnya dari tombol shift ialah membuat huruf kecil (lowercase).

Hal ini berlaku jika capslock dalam keadaan aktif, maksudnya di sini bahwa jika tombol Capslock aktif, maka semua huruf yang diinput akan menjadi huruf besar semua.

Nah jika ingin membuat huruf kecil apabila capslock on, maka silahkan menekan tombol Shift+Huruf yang diinginkan.

Cara membuat huruf kecil (lowercase) dengan bantuan tombol shift sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu pastikan tombol Capslock dalam keadaan aktif.
  • Lalu tekan tombol Shift serta menahannya.
  • Tekan tombol Huruf yang dinginkan.

4. Merubah Huruf Kapital Semua Pada Microsoft Word

fungsi tombol shift

Fungsi selanjutnya dari penggunaan tombol shift ialah merubah huruf menjadi huruf kapital semua pada Microsoft Word.

Maksudnya di sini dapat melakukan perubahan huruf yang sudah ditulis menjadi huruf besar semua (jika sebelumnya huruf kecil semua).

Cara merubah huruf kapital semua pada Microsoft Word dengan menggunakan tombol shift sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan menge-block atau pilih teks yang akan diubah ke huruf kapital.
  • Lalu tekan tombol Shift + F3, maka huruf akan menjadi huruf kapital semua.

Dengan cara yang dijelaskan di atas mungkin akan sedikit membantu anda dalam mengolah kata atau pembuatan dokumen pada microsoft word, dikarenakan akan lebih cepat dan efesien.

5. Menghilangkan Bullet dan Numbering

fungsi tombol shift

Selanjutnya fungsi tombol shift adalah menghilangkan bullet dan numbering.

Biasanya dalam pembuatan dokumen perlu penomoran (numbering) atau bullet yang bertujuan untuk menandai judul atau sub judul. Jika ingin menekan enter maka kalimat yang di bawahnya akan mengikuti penomoran yang ada di atasnya.

Tetapi terkadang terdapat kalimat yang tidak diberi numbering, karena merupakan kalimat penjelasan dari judul maupun sub judul itu sendiri, untuk mempermudah anda bisa langsung menggunakan tombol shift.

Cara menghilangkan bullet dan numbering dengan menggunakan tombol shift sebagai berikut:

  • Langkah pengerjaannya yaitu dengan menekan tombol Shift dan kemudian menekan tombol Enter, sehingga kalimat yang ada di bawahnya tidak akan diberi numbering.
Baca Juga  Nikon D5200 Review dan Hasil Jepretan Nikon D5200

6. Merubah Ukuran Objek Yang Presisi

fungsi tombol shift

Fungsi tombol shift berikutnya adalah dapat merubah ukuran objek yang presisi.

Disaat kita membuat sebuah objek seperti lingkaran atau sebuah persegi lewat software editing Photoshop, Corel Draw maupun software-software lainnnya, untuk merubah objek tersebut sehingga terlihat presisi pada bagian bawah, atas, kanan, maupun kiri solusinya dengan memanfaatkan tombol shift.

Cara merubah ukuran objek yang presisi sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan Objek yang akan diubah ukurannya (bebas dapat menggunakan aplikasi manapun).
  • Selanjutnya dengan menekan tombol Shift dan menahannya dan kemudian ubah ukuran sesuai dengan yang anda inginkan.

7. Membuat Garis Lurus

fungsi tombol shift

Penggunaan tombol shift untuk membuat garis lurus entah itu vertikal atau horizontal bisa dilakukan sambil menekan tombol shift mirip seperti dengan merubah ukuran yang presisi.

Perlu diketahui bahwa tanpa menggunakan tombol shift akan sedikit sulit bila ingin membuat sebuah garis lurus yang akurat.

Cara membuat garis lurus dengan bantuan tombol shift adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan menekan tombol Shift serta menahannya.
  • Buat garis lurus entah itu Vertikal maupun Horizontal.
  • Pada contoh di atas, saya telah membuat garis lurus pada aplikasi corel draw.

8. Sebagai Klik Kanan

fungsi tombol shift

Selanjutnya dari fungsi tombol shift adalah sebagai klik kanan.

Maksudnya di sini bagi pengguna yang mengalami masalah pada klik kanan yang ada pada tombol mouse, maka kita bisa menggunakan tombol shift pada keyboard sebagai alternatif lain.

Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu dengan memilih bagian yang akan di klik kanan.
  2. Lalu dengan menekan tombol Shift serta menahannya.
  3. Dan yang terakhir kemudian dengan menekan F10.

9. Menghapus File Secara Permanen

fungsi tombol shift

Fungsi selanjutnya dari penggunaan tombol shift adalah untuk menghapus file secara permanen. Jadi file yang dihapus dengan menekan tombol Shif akan benar-benar hilang dan tidak akan bisa dikembalikan atau di restore.

Umumnya saat kita menghapus sebuah file dengan cara di delete, file belum benar-benar terhapus dari device. Terlebih dahulu file akan dikirim ke recycle bin dan jika masih berada di sini masih bisa dikembalikan (restore) jika anda ingin menginginkannya kembali. Namun berbeda cerita jika penghapusan file dengan tombol shift.

Cara menghapus file secara permanen dengan menggunakan tombol shift yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu dengan memilih File yang akan dihapus.
  2. Lalu tekan Shift serta menahannya.
  3. Tekan tombol Delete.
  4. Langkah terakhir yaitu dengan memilih YES sehingga file akan terhapus secara permanen.

10. Membuka Task Manager

Selanjutnya dari penggunaan tombol shift adalah untuk membuka Task Manager.

Misalnya seperti mematikan Startup, menghentikan aplikasi yang Not Responding, mengawasi sistem yang berjalan, dan lain-lainnya.

Ada berbagai macam cara untuk membuka task manager, tetapi cara yang paling simpel dan mudah adalah dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol keyboard, yaitu CTRL+SHIFT+ESC, kemudian pilih Task Manager.

Baca Juga  Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel dan Operator Lain

11. Melakukan Pencarian

fungsi tombol shift

Salah satu fungsi tombol shift lainnya adalah untuk melakukan pencarian.

Biasanya jika kita ingin melakukan pencarian pada Windows Exploler, Browser maupun software lainnya dengan cara menekan tombol CTRL+F.

Dengan menekan tombol Shift + F3 kita juga bisa membuka kolom pencarian seperti yang dilakukan CTRL +F, sangat menarik bukan?

12. Membuka Halaman Web Kembali

Salah satu fungsi dari penggunaan tombol shift adalah untuk membuka web kembali.

Pada saat kita sedang membuka sebuah halaman web melalui browser pada laptop atau pc, dan secara tidak sengaja anda menekan tombol close, untuk melakukan pengembalikan ke halaman yang terbuka sebelumnya anda bisa menggunakan tombol shift.

Cara membuka halaman web kembali dengan menekan tombol shift:

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuka kembali Browser.
  2. Lalu dengan menekan CTRL+ Shift + T.
  3. Dan yang terakhir akan di tampilkan halaman browser yang terbuka sebelumnya.

13. Membuka New Window Browser

Dengan menggunakan tombol Shift, anda dapat membuka link dengan halaman yang baru atau New Windows.

Caranya yaitu dengan menekan Shift kemudian klik tautan (Link) yang akan dibuka.

14. Pindah Tab Browser

Dengan tombol Shift kamu dapat memindahkan sebuah tab browser dengan cara menekan Ctrl+Shift+TAB, secara otomatis akan pindah ke tab lain pada browser.

Cara ini terbilang sebagai menjadi jalan pintas (short cut) menarik yang ada di broser, tentu hal ini akan sangat membantu jika kita ingin berpindah ke tab browser secara cepat.

15. Membuka Menu Stickykeys

fungsi tombol shift

Untuk menampilkan menu Setickykeys pada laptop atau PC bisa dilakukan dengan tombol shift.

Caranya terbilang cukup mudah dengan menekan tombol Shift sebanyak 5-6 kali sampai terdengar suara titttt, dan secara otomastis menu Stickykeys akan muncul pada layar.

16. Membuat Folder Terbaru

fungsi tombol shift

Fungsi lainnya dari penggunaan tombol shift adalah untuk membuat sebuah Folder Baru (New Folder) pada file manager (file exploler).

Jika anda sering menggunakan pintasan (suka menggunakan shortcut) dalam pengoperasian komputer atau laptop, mungkin cara satu ini bakal anda sukai.

Cara membuat folder terbaru dengan bantuan tombol shift sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu dengan menentukan Lokasi Folder, pastikan anda sudah berada pada lokasi yang dipilih untuk menyimpan folder nantinya.
  • Lalu tekan Ctrl+ Shift +N.
  • Silahkan ganti nama Folder.
  • Langkah terakhir dengan menekan Enter atau Klik pada area yang kosong.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai fungsi tombol shift pada keyboard komputer ataupun laptop yang jarang diketahui

Semoga bagi anda yang telah membaca artikel fungsi tombol shift tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian setiap penjelasan yang ada di atas.

Semoga kalian sering-sering berkunjung ke situs ini, karena akan banyak lagi hal-hal penting serta berguna yang akan dibahas disini.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment