Field Adalah? Pengertian Field, Record, Table, File, Data dan Basis Data

Field Adalah? – Bagi kamu yang mempelajari database atau juga sering mengolah data dalam bentuk table, maka pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Anda mungkin juga mengetahui bentuk dan fungsinya. Untuk mempelajarinya, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasannya dengan penjelasan yang dapat dengan mudah dimengerti.

Field Adalah?

Field Adalah

Jadi berikut ini akan kami jabarkan field adalah/pengertian field, beserta pengertian komponen-komponen lainnya yang saling berhubungan.

1. Pengertian Field

Apa yang dimaksud dengan Field adalah kumpulan karakter yang membentuk suatu arti, contohnya dalam file selalu ada kode barang, nama barang, jenis barang dan sebagainya, oleh sebab itu maka semua acuannya harus yang berhubungan dengan kode barang. Dan pengertian lain dari filed adalah merupakan sebuah tempat berupa kolom yang ada pada table untuk mengisi data yang biasanya ada pada kolom database seperti ada Microsoft Access atau Database lainnya.

2. Pengertian Record

Apa yang dimaksud dengan Record adalah merupakan kumpulan field yang lengkap dan kompleks. Biasanya satu record dihitung dalam satu baris yang terdapat pada tabel basis data. Secara garis besar basis data (database) adalah element data yang berkaitan satu sama lain. Misalnya pada table yang mempunyai kolom kode barang, nama barang, jenis barang, tanggal expired barang, maka yang dimaksud record juga adalah satu baris dari kode barang hingga tanggal expired barang.

Field Adalah

3. Pengertian Table/Tabel

Apa yang dimaksud dengan Table adalah kumpulan field dan record atau juga merupakan sebuah susunan antara baris dan kolom, sehigga membuat struktur lebih kompleks. Umumnya tabel sering dipakai untuk melakukan penelitian, analisis data, hingga basis data. Database sendiri memiliki bentuk berupa table, isi dari dalam table tersebut ialah berisi kumpulan data yang kompleks, data tersebut dapat diolah kembali sehingga menampilkan berbagai macam bentuk bisa berupa diagram, daftar data yang diinginkan dan sebagainya.

Baca Juga  Rectifier Adalah? Pengertian Rectifier Beserta Jenis-Jenisnya

4. Pengertian File

Field Adalah

Pengertian dari File adalah hal yang sering disebut sebagai berkas komputer (computer file) yang disimpan dalam sebuah komputer yang bisa di akses, diatur, dimodifikasi oleh penggunanya. Pada umumnya file didalamnya terdiri atas data, table yang menggambarkan kesatuan data. Dan perlu diketahui bahwa basis data file merupakan table dengan kumpulan data yang sejenis, salah satu contohnya ialah file yang berisikan table nama barang, tentu pasti semua isinya merupakan yang berhubungan dengan nama barang.

5. Pengertian Data

Apa yang dimaksud oleh Data merupakan kumpulan fakta, kejadian, hasil analisis, dan lain sebagainya yang digunakan sebagai informasi. Biasanya data yang ada telah diolah agar dapat dimengerti oleh orang lain. Database sendiri isinya adalah sebuah kumpulan data yang banyak diinput oleh penggguna ke dalam sistem, agar setiap pengguna dapat mengerti diterapkanlah cara menggunakan aplikasi tertentu, sehingga data di dalam database diolah kemudian akan di tampilkan dilayar sesuai kebutuhan penggunanya. Salah satu contohnya ialah data dalam databse memuat sebuah informasi mengenai stok barang, dan kemudian diolah oleh sistem untuk menampilkan jenis stok barang tertentu.

6. Pengertian Basis Data/Database

Field Adalah

Pengertian dari basis Data ialah kumpulan data yang dikelompokkan dalam table, tersimpan, dan bisa diakses secara digital oleh sistem komputer yang sering disebut sebagai database. Perlu diketahui bahwa semakin banyak data yang tersimpan maka database akan semakin kompleks. Hingga kini database banyak sekali dipakai terutama oleh perusahaan yang mengolah data secara digital. Database dapat dirancang sesuai dengan kebutuhannya, terdapat software basis data yang gratis seperti mySQL dan ada juga yang berbayar yaitu seperti Oracel. Salah satu contohnya ialah sepaket dengan Microsoft Office yaitu Microsoft Access.

Penutup

Demikian lah artikel mengenai field adalah? pengertian field, record, table, file, data dan basis data. Semoga bagi anda yang telah membacanya dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian setiap penjelasan yang ada di atas.

Baca Juga  Sensor Proximity Adalah? Pengertian Proximity Sensor dan Jenis-Jenisnya

Semoga kalian sering-sering berkunjung ke situs ini, karena akan banyak lagi hal-hal penting serta berguna yang akan dibahas di sini.

Terima kasih banyak.

Leave a Comment