Contoh Poster Pendidikan Yang Bagus dan Penuh Makna

Contoh Poster Pendidikan – Pada perjumpaan kali ini, mimin akan memberikan banyak contoh poster pendidikan yang menarik dan tentunya juga inspiratif. Perlu anda ketahui bahwa poster pendidikan merupakan karya seni atau desain grafis yang mempublikasikan komposisi gambar dan huruf yang bersifat mendidik atau menambah pengetahuan kpada masyarakat dengan bermacam bentuk dan ukuran.

Dan bagi kalian yang sedang mencari inpirasi untuk pembuatan poster mengenai pendidikan, kalian dapat menyimak berbagai macam contoh poster pendidikan berikut ini yang pastinya disertakan juga dengan selogan singkat yang dapat memberikan kesan mendalam bagi setiap orang yang membacanya. Perlu anda ketahui bahwasanya topik pendidikan biasanya lebih mengarah kepada proses pembelajaran untuk dapat menambah pengetahuan.

Dan tidak hanya hal tersebut sahaja, topik pendidikan tidak selalu berhubungan dengan sekolah, terkadang topik pendidikan juga mencakup setiap hal yang kamu pelajari di dunia nyata. Umumnya poster pendidikan memiliki tujuan yaitu untuk dapat mendidik dan memberikan kesadaran kepada masyarakat perihal pentingnya pengetahuan, dikarenakan hal tersebut poster pendidikan diharuskan memiliki grafis yang menarik dan menawan dan juga disertkan kalimat ajakan atu selogan yang dapat membuat setiap pembacanya selalu terngiang-nginag dengan kata-kata tersebeut.

Contoh Poster Pendidikan

Daripada bingung, anda dapat langsung menyimak beberapa contoh poster pendidikan berikut ini.

1. Poster Pendidikan Beriman Mengenai Pentingnya Belajar

Contoh Poster Pendidikan
karyapemuda.com

Tujuan dari belajar yaitu untuk mengembangkan kemampuan  dalam beradaptasi agar menjadi lebih baik. Kegiatan belajar dapat membuka wawasan seseorang dan memberikan pandangan atau pemikiran yang lebih luas. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menghadapi segala perubahan yang akan terjadi di masa mendatang / masa depan.

Untuk pembuatan posternya anda dapat menggunakan kalimat yang sedikit berima, contohnya seperti tema pendidikan yang terdapat di atas, hal tersebut bertujuan agar memudahkan setiap orang yang membacanya dapat selalu mengingat kalimat tersebut walaupun hanya dalam sekali membaca.

Baca Juga  Contoh Pelayanan Prima Beserta Pengertian dan Tujuannya

2. Contoh Poster Pendidikan Untuk Para Tenaga Pengajar

Contoh Poster Pendidikan
karyapemuda.com

Perlu anda ketahui bahwasanya tenaga pendidik merupakan tenaga kependidikan yang berkualifikasi menjadi guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, pelatih, fasilitator serta sebutan lain yg sinkron menggunakan kekhususannya, dan berpartisipasi pada penyelenggaraan pendidikan.

Perlu anda ketahui juga bahwa poster juga memuat ajakan mengenai cara membentuk pembelajaran yang nyaman, selain itu poster satu ini tidak hanya ditergetkan untuk para pelajar, melainkan juga untuk tenaga pendidik yang terlibat didalamnya. Untuk dapat membuat poster terlihat lebih menarik, anda dapat memasukan ilustrai wujud manusia saat mendesain poster tersebut.

3. Poster Pentingnya Membaca Buku

Contoh Poster Pendidikan
youtue.com/Doni Studio

Selain sebagai hiburan, manfaat membaca adalah membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah. Dan juga membaca telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Inilah manfaat membaca buku yang sering orang abaikan, dan tujuan lain dari membaca buku ialah agar mendapatkan prestasi atau juga penghargaan, untuk dapat membuat poster dengan tema pentingnya membaca buku anda dapat mendesainnya dengan doodle sederhana dalam bentuk buku serta juga piala juara.

4. Contoh Poster Tentang Cita-Cita

Contoh Poster Pendidikan
/broonet.com

Jadi apakah cita-cita itu?

Cita-cita adalah tujuan atau keinginan manusia untuk mendapatkan sesuatu di masa depan, akan tetapi blum ada kepastiannya. Cita-cita merupakan salah satu unsur dari pandangan hidup. Semakin tinggi cita-cita maka semakin sulit untuk di gapai, maka dari itu untuk menggapainya manusia harus berjuang keras. Untuk membuat sebuah poster mengenai cita-cita anda tidak perlu menuliskan kalimat yang panjang, anda hanya perlu memasukan tulisan “Kejarlah cita-citamu setinggi bintang di langit”.

Dan setelahnya anda dapat memasukkan ilustrasi manusia yang terbang menggapai mimpi dengan mengendarai pensil atau kertas yang menandakan ilmu.

5. Contoh Poster Tema Pendidikan & Prestasi

Contoh Poster Pendidikan
broonet.com

Perlu anda ketahui bahwa dalam konteks psikologi pendidikan, prestasi diartikan sebagai level spesifik dari suatu keahlian atau kemampuan spesifik yang dimiliki seseorang. Misalnya kemampuan aritmatika dan kemampuan membaca, untuk pembuatan posternya anda hanya perlu mengambarkan seorang pelajar dibagian tengah serta dengan menggunakan seragam dan juga memegang piala dan pensil dengan sedikit sentuhan yaitu, wajah yang sangat gembira.

Baca Juga  Bentuk Persen dari 4 Per 5 Adalah? Inilah Jawaban dan Caranya!

6. Poster Tema Pendidikan Agama Islam

Contoh Poster Pendidikan
prophetpbuh.com

Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu usaha yang berupa pengajaran, bimbingan dan asuhan terhadap anak agar kelak apabila telah selesai pendidikannya dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam, serta menjadikannya sebagai jalan kehidupan, baik pribadi maupun kehidupan masyarakat. Untuk pembuatan poster yang bertemakan pendidikan agama Islam dapat berisi teguran yang berhubungan dengan keimanan seorang muslim, dengan hanya dua kalimat dapat membuat membuat setiap umat muslim yang yang melihanya dapat merenungkan kembali perilakunya sehari-hari.

7. Poster Pendidikan Sosial

Contoh Poster Pendidikan
stories.net.au

Pendidikan Sosial merupakan analogi dari pengertian pendidikan jasmani, religius, etik, estetik, pendidikan intelek. Proses sosialisasi manusia kepada lingkungan keluarga, kelompok sebaya, sekolah, lingkungan tetangga, masyarakat, way of life bangsanya. Dalam pembuatan poster yang bertemakan pendidikan sosial anda tidak perlu menggunakan bahasa Indonesia, anda dapat juga menggunakan bahasa lain seperti bahasa inggis seperti yang ada pada poster di atas, pada poster di atas mengingatkan kita mengenai pentingnya berteman serta berlaku adil dalam kehidupan sehari-hari.

8. Poster Tentang Menuntut Ilmu

Contoh Poster Pendidikan
nafiriz.com

Menuntut ilmu memiliki arti ikhtiar atau sebuah usaha dalam mempelajari sebuah ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat dengan tujuan agar ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk dirinya dan juga untuk orang lain. Untuk penyusunan kata-kata di poster bertemakan pendidikan anda dapat menggunakan istilah umum yang sudah lama beredar seperti “Raihlah ilmu sampai ke negeri China”. Dan untuk ilustrasinya anda hanya perlu menyesuaikan dengan kalimat tersebut seperti contoh poster pendidikan di atas.

9. Poster Motivasi Untuk Mencari Ilmu

Contoh Poster Pendidikan
nafiriz.com

Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian.” “Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajar lah seolah engkau hidup selamanya.” . “Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya.”

Inti sari dari poster di atas sangat sederhana namun sang kreator mampu memasukan ide yang segar dalam ilustrasinya, sehingga membuat sang pembaca mendapatkan spirit atau lebih semangat dalam menuntut ilmu dan tidak hanya itu sahaja, anda diingatkan perihal bahwasanya rasa malas adalah godaan dari jin atau setan.

10. Contoh Poster Pendidikan Karakter

Contoh Poster Pendidikan
nafiriz.com

Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik yang berfungsi untuk membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Perlu anda ketahui juga bahwasanya kata-kata poster pendidikan juga dapat memuat pesan terkait pendidikan karakter, contohnya saja seperti anjuran untuk belajar dengan jujur tanpa harus menyontek saat ujian berlangsung agar kehidupan kita lebih berkah.

Baca Juga  3/5 Diubah Menjadi Pecahan Desimal, Inilah Jawabannya!

11. Poster Motvasi Untuk Belajar

Contoh Poster Pendidikan
nafiriz.com

Motivasi belajar artinya dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar. Dengan adanya motivasi, siswa akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Contoh poster pendidikan yang terdapat di atas mengingatkan kita bahwasanya belajar itu tidak memiliki batasan, maksudnya ialah walupun kita sudah dewasa atau sudah tua bukan berarti kita itu sudah pintar dan tidak perlu belajar lagi. Walapun kalimat yang terdapat poster di atas begitu sederhana, namun memiliki arti yang sangat mendalam dan juga desain posternya yang menarik di mata latar bewarna gelap.

12. Contoh Poster Tentang Rajin Membaca

Contoh Poster Pendidikan
youtube.com/Doni Studio

Beberapa studi menunjukan bahwa dengan membaca setiap hari dapat terhindar dari penyakit Alzheimer dan Demensia. Panyakit ini dapat menghancurkan memori dan fungsi mental lainnya. Oleh karena itu, dengan membaca otak kalian akan terjaga tetap aktif dan membuat ingatan kalian tidak mudah hilang. Dan yang terakhir terdapat poster yang bertemakan pendidikan sederhana yang di dalamnya terdapat ajakan untuk rajin membaca. Dan tidak hanya itu sahaja, di dalamnya juga terdapat penjelasan mengenai pentingnya membaca. Desain gambar pada poster di atas cukup sederhana, hanya berupa buku yang terbuka dan ilustrasi bumi atau dunia. Namun di dalamnya terkandung makna yang mendalam perihal manfaat membaca.

PENUTUP

Bagaimana menurut pembaca semua, apakah 12 contoh poster pendidikan di atas keren dan menarik? Kalau menurut saya sih pastinya, karena sebuah poster dengan kata-kata sederhana namun memiliki arti yang sangat dalam, memang bagus dan bisa mengunggah jiwa banyak orang untuk semakin menjadi lebih baik lagi.

Karena itu, untuk yang sedang berjuang, semangat ya. Untuk yang sedang bersabar, kalian pasti akan mendapatkan. Dan untuk kalian yang selalu setia menunggu, percayalah kalian adalah yang terbaik.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

Leave a Comment