3 Cara Mudah Cara Serlok / Share Lokasi di WhatsApp (WA)

Beskem.id – Share location atau banyak yang mengatakan sherlock atau serlok adalah feature untuk memberikan lokasi. Lantas apakah anda sudah tahu bagaimana cara share lokasi di whatsapp supaya anda dapat serlok melalui WA? Bila belum, maka anda akan mendapatkan jawabannya pada artikel ini.

Sama seperti yang kita kenali, peran GPS benar-benar punya pengaruh dalam kehidupan saat ini. Terlebih bila anda kerap lakukan kegiatan dan hal baru seperti menuju ke arah tempat yang belum pernah kita datangi, GPS membuat semua lebih mudah.

Nah, oleh karenanya Whatsapp bereksperimen dalam membagikan lokasi di aplikasinya. Ini diberi dengan maksud supaya kita bisa memberitahu di mana lokasi kita berada ke orang yang anda ingin berikan lewat whatsapp.

Walau sebetulnya benar-benar gampang, tetapi sayang ada banyak yang belum ketahui cara mengirimi lokasi di whatsapp. Beberapa orang yang bertanya, bagaimana sih cara sherlock / serlok / share loc melalui WA?

Cara Shareloc / Serlok di WA

serlok whatsapp

Cukup banyak yang menanyakan dengan panggilan yang lain. Walaupun penulisannya berbeda, tetapi pada dasarnya mereka menanyakan berkaitan bagaimana melakukan share location di WA.

Cara share lokasi di whatsapp sendiri adalah pekerjaan yang lumayan gampang. Bahkan juga ada 3 cara berbeda yang bisa dilakukan untuk membagi lokasi ke whatsapp.

Berikut pembahasan berkenaan bagaimana cara share lokasi melalui whatsapp ke rekan anda secara mudah tanpa membutuhkan program tambahan apapun.

1. Cara Share Lokasi di WhatsApp

Anda dapat share lokasi anda langsung melalui aplikasi WA. Anda dapat mengatur berapa lama lokasi yang anda kirimkan mulai berlaku di whatsapp.

Baca Juga  Cara Mudah Menyalakan Senter HP Vivo

Berikut cara serlok di whatsapp:

share lokasi whatsapp

  1. Pertama hidupkan fitur GPS di HP anda.
  2. Pilih chat atau group WA yang ingin dishare lokasi.
  3. Tap icon klip kertas di samping icon kamera.
  4. Lalu tentukan pilihan Lokasi dalam menu yang ada.
  5. Selanjutnya tap Berbagi lokasi terkini.
  6. Tentukan berapa lama durasi waktu lokasi akan berlaku.
  7. Terakhir, tap tombol Kirim.

Bila anda sudah ikuti tutorial di atas, maka telah ditegaskan jika anda telah sukses share lokasi melalui WA. Tetapi, yakinkan kembali apa lokasi itu sesuai yang anda perlukan.

2. Cara Serlok Lokasi Terdekat Melalui WA

Setelah anda tahu bagaimana cara share lokasi di whatsapp secara real time sesuai sama lokasi anda, rupanya anda bisa juga share lokasi WA berdasar pada lokasi yang paling dekat dari lokasi asli anda.

Bagaimana cara serlok lewat WA? ikuti tutorial berikut:

share lokasi whatsapp

  1. Aktifkan feature GPS di handphone anda.
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi WhatsApp.
  3. Tentukan kontak whatsapp yang ingin dikirimkan lokasi.
  4. Tap icon clip kertas, lalu pilih pilihan Lokasi.
  5. Maka ada beberapa lokasi rekomendasi pada bagian bawah.
  6. Pencet pada salah satunya lokasi yang diharapkan.
  7. Tentukan durasi waktu aktif lokasi yang anda share.
  8. Lalu cara paling akhir tap tombol Kirim.

3. Share Lokasi ke WA lewat Google Maps

Bila cara di atas bisa dilakukan langsung memakai whatsapp, di cara ke-3 untuk share lokasi whatsapp ini anda harus buka google maps lebih dulu.

Cara serlok dari google maps di whatsapp:

share lokasi whatsapp

  1. Aktifkan feature GPS di android anda.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Google maps.
  3. Tap tahan pada lokasi anda ada sampai ada pin merah.
  4. Pilih opsi Bagikan Tempat lalu pilih WhatsApp.
  5. Pilih contact atau group WA yang ingin dishare lokasi.
  6. Maka ada link lokasi di kotak pesan.
  7. Tap tombol Kirim untuk mengirim serlok.
Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Yang penting anda lihat saat share lokasi whatsapp secara real-time ialah di pengaturan berapa lama durasi waktu lokasi akan dibagikan. Bila anda mengatur membagikan lokasi ke WA sepanjang 1 jam, maka lokasi itu berlaku dalam 1 jam ke depan semenjak anda tap tombol kirim.

Saat waktu telah melewati 1 jam, lokasi yang anda kirimkan tidak dapat dilihat kembali karena telah kedaluwarsa. Bila anda ingin membagi lokasi kembali, cukup ulang beberapa langkah yang telah diterangkan di atas.

Hal itu berlaku untuk semuanya tipe whatsapp, baik itu whatsapp di PC whatsapp di HP yang original atau whatsapp mod sekalipun.

Disamping itu pastikan akses internet anda stabil supaya jaga status lokasi anda masih tetap real time dan otomatis beralih bila anda bergerak. Dan satu lagi ialah bila anda ingin mengidentifikasi lokasi lewat google maps, pastikan telah memasangkan lokasi yang seperti keinginan anda.

Nah itu cara share lokasi di whatsapp secara real time dengan gampang. Cara yang mana menurut anda termudah dan cepat? Mudah-mudahan berguna dan selamat mempraktikkan.

Sayonara!

Leave a Comment