Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti – Saat kamu sedang memakai android dan mendadak muncul error, “Sayangnya, layanan Google Play telah berhenti, itu ialah hal yang paling menjengkelkan. Tetapi, kamu tak perlu kebingungan dan cemas karena ada cara-cara yang bisa kamu pakai untuk menangani Sayangnya layanan Google play telah berhenti yang bakal kami berikan dalam artikel ini.

Bila kamu belum mengetahui apakah itu layanan Google Play, layanan Google Play ialah sebuah tempat aplikasi Google bisa berjalan . Maka, bila layanan Google Play mengalami error atau berhenti sesekali, aplikasi Google yang berada di android kemungkinan akan alami error dan terhenti . Maka supaya aplikasi Google jalan secara lancar, layanan Google Play harus aktif dan berjalan dengan normal. Itu alasan mengapa layanan Google play harus langsung diperbaiki bila mengalami error.

Cara Mudah Memperbaiki Pesan Error “Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti”

sayangnya layanan google play telah berhenti

Ada 3 Cara memperbaiki Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti yang selalu tampil di Android yang akan dibagikan pada artikel ini. Kamu dapat menggunakan salah satu cara di bawah untuk menangani Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti. Tetapi bila belum sukses dan masih tetap ada pesan error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti kamu dapat melanjutkan ke cara yang lain.

1. Up-date / Perbarui Layanan Google Play di Android

update layanan google play

Pemicu timbulnya pesan error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti biasanya ialah permasalahan di aplikasi layanan Google Play tersebut. Layanan Google Play yang telah kedaluwarsa atau versi yang telah lama dapat mengakibatkan timbulnya pesan error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti.

Baca Juga  8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A53, Baca Dulu Baru Beli!

Rata-rata, aplikasi Layanan Google Play mengupdate dirinya secara automatis, sama dengan aplikasi Google Play store bila ada akses internet yang stabil. Tetapi, banyak kasus karena suatu kesalahan atau sebuah alasan tertentu pembaruan automatis tidak jalan dan membuat android muncul Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti. Untuk mengatasinya, kamu wajib melakukan up-date Layanan Google Play dengan manual. Untuk lakukan itu, kamu dapat ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  • Buka Aplikasi Google Play Store, Click pada tiga baris pada bagian atas kiri layar dan Pilih “Aplikasi dan Permainan Saya” di pilihan menu kolom kiri.
  • Saat kamu telah masuk pada menu Aplikasi dan Permainan Saya, Cari aplikasi layanan Google Play dan click perbaharui.
  • Atau kamu bisa juga memakai menu pencarian pada bagian atas untuk cari Layanan Google Play dan Perbarui aplikasi nya.

Bila layanan Google Play telah diperbarui, tetapi pesan error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti masih tetap ada. Maka kamu harus coba cara selanjutnya berikut ini.

2. Bersihkan Cache Layanan Google Play

Kosongkan dengan menghapus cache Layanan Google Play terbukti sukses untuk menangani sayangnya layanan Google play telah berhenti. Karena saat kamu hapus cache yang sudah lama akan memengaruhi aplikasi supaya jalan lebih bagus. Untuk hapus data cache Layanan Google Play, kamu dapat ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Pertama, buka menu Pengaturan android kamu.
  • Selanjutnya buka dalam menu Semua Aplikasi dan pilih layanan Google Play dari daftar aplikasi.
  • Setelah itu, Click pada pilihan stop paksa dan Click pada pilihan Clear Cache.

Seusai cache telah dibersihkan, re-start android kamu dan lihat apa pesan error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti tampil atau mungkin tidak. Bila tidak, maka permasalahan telah terselesaikan. Tapi jika ada, tidak perlu cemas karena masih tetap ada langkah untuk memperbaiki Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti yang paling efektif.

Baca Juga  Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Oppo A37

3. Instal Ulang Layanan Google Play

Bila kamu telah lakukan 2 cara untuk membetulkan Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti di atas tetapi tetap tidak berhasil, itu berarti permasalahan ada pada aplikasi Layanan Google play yang kamu instal. Hapus aplikasi layanan google play, setelah itu instal ulang aplikasi layanan google play dan pastikan aplikasi layanan google play sudah yang terbaru. Untuk melakukannya ikuti beberapa langkah berikut di bawah ini.

  • Pertama, kamu harus ke Menu Pengaturan perangkat android kemudain Pilih Keamanan >> Administrator perangkat dan Nonaktifkan pengelola android.
  • Sesudah melakukannya, balik ke pengelola aplikasi / Semua aplikasi, Pilih Layanan Google Play dan Hapus Pembaruan.
  • Setelah itu, Kembali ke Keamanan >> Administrator perangkat dan aktifkan manajer android yang akan secara otomatis menginstal pembaruan baru untuk layanan Google Play.

Bila semua langkah di atas gagal dan pesan error Sayangnya, layanan Google Play telah berhenti tampil terus-terusan. Langkah paling akhir yaitu dengan mengatur android untuk ke setelan pabrik. Lakukan reset ke setelan pabrik ialah opsi paling akhir bila 3 langkah di atas gagal.

Pastikan supaya lakukan backup atau menyimpan file penting kamu, karena dengan lakukan reset ke setelan pabrik akan hapus semuanya yang berada di handphone android kamu.

Leave a Comment