Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan dan Cara Mengatasinya

Beskem.id – Pernakah kamu mengalami Simcard yang Tidak ada Sinyal Walaupun sebenarnya Kartu SIM terdeteksi? Sim card yang terdeteksi tetapi tidak tampil sinyal dapat disebabkan banyak factor mulai dari chip card tersebut atau dari handphone android punya anda. Bila sebelumnya ada masalah seperti jatuh atau terbentur benda keras, maka peluang kerusakan ada pada perangkat keras atau hardware di handphone.

Cara Mengatasi Sim Card terdeteksi tetapi tidak ada sinyal memanglah ada banyak cara dan kita harus tahu dulu sumber permasalahannya. Tidak ada sinyal merupakan permasalahan yang kerap ditemui oleh sebagian orang. Ada banyak alasan yang bisa mengakibatkan permasalahan Android Tidak Ada Sinyal. Terkadang terjadi karena sinyal pada handphone yang kurang kuat atau rusak, atau ada kerusakan sistem yang mengakibatkan sinyal jaringan mati, juga bisa dari perangkat penangkap sinyal yang telah melemah. Dan juga, sim card yang rusak pada chipnya bisa juga mengakibatkan sim card bisa dibaca tetapi tidak tampil sinyal karena kerusakan chip. Kesempatan ini saya akan memberikan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki ponsel tidak ada sinyal.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Ada cara-cara yang dapat dijalankan untuk menangani ponsel android tidak ada sinyal yang dapat kita kerjakan sendiri, yaitu :

1. Pancing Dengan Mode Pesawat

Mode Pesawat

Coba untuk aktifkan mode pesawat supaya sim card non-aktif. Sesudah sesaat, hidupkan kembali dengan menon-aktifkan mode pesawat. Tunggu sampai sim card mencari jaringan. Ini bermanfaat untuk memancing provider jaringan mencari sinyal dengan optimal sesudah non-aktif. Trik ini dapat membantu munculkan sinyal kembali.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Wireless Capability is Turned Off di Laptop

2. Re-start Handphone

Bila dengan mengaktif-nonaktifkan mode pesawat tidak dapat munculkan sinyal, coba untuk langkah selanjutnya. Terkadang memang remeh, cukup dengan re-start handphone membuat sinyal ada kembali. Tapi terkadang kita lupa untuk berpikir untuk mencoba cara ini. Lakukan re-start handphone dengan memakai tombol atau lepas battery bila memakai baterai yang dapat dilepas. Tapi bila handphone memakai non-removable battery atau battery tanam maka kita wajib melakukan re-start lewat tombol power atau mungkin dengan tombol re-start kecil memakai peniti.

3. Scan Secara Manual

Jika tidak dapat menemukan sinyal atau sinyal belum ada, masuk ke pengaturan untuk lakukan scanning jaringan dengan manual hingga terlihat jaringan yang terdeteksi. Langkahnya:

  • Masuk pada menu pengaturan
  • Pilih Jaringan Lainnya
  • Tentukan Operator Jaringan dan click Jaringan Selular
  • Klik “Pencarian Manual”
  • Tunggu sampai proses pencarian tuntas. Ini memerlukan waktu sesaat
  • Sesudah selesai, akan ada beberapa nama-nama provider jaringan yang sinyalnya tertangkap, click sesuai provider yang anda pakai.

*Jika ada beberapa provider tapi provider yang anda pakai tidak ada, berarti memang di tempat anda sekarang ini tidak sedang ada jaringan.

*Jika hasil pencarian tidak memperlihatkan satupun provider yang terdeteksi, kemungkinan ada kerusakan pada hardware atau software pada handphone anda karena tidak bsia tangkap sinyal di sekitar.

4. Periksa Chip di Kartu Sim

Chip Sim Card

Kita perlu curigai permasalahan pada SimCard tersebut. Coba untuk buka kartu Sim dan bersihkan pada permukaan chipsetnya. Langkahnya dengan memakai cairan contact cleaner atau minyak kayu putih dioleskan pada permukaan chipset secara perlahan-lahan memakai cottonbud selanjutnya bersihkan memakai tissue. Ini dapat membantu mengangkat kerak yang melekat pada permukaan chipset.

Baca Juga  6 Tips Penting Untuk Menghindari Digital Phising

5. Kesalahan Sistem

Ada kerusakan pada sistem operasi bisa juga mengakibatkan penangkapan sinyal memiliki masalah. Bila beberapa cara di atas tidak dapat menangani permasalahan, sebaiknya coba lakukan pembaharuan sistem. Karena sinyal tidak tampil dan tidak dapat memakai koneksi internet, karena itu anda harus aktifkan wifi dan cari jaringan hotspot untuk melakukan pembaharuan sistem.

Catatan: Untuk yang memakai HP built-up atau Black Market, kesalahan IMEI bisa juga mengakibatkan sinyal tidak tampil. Sebaiknya coba kerjakan pengujian nomor IMEI dari smarphone anda masihkah berlaku / masih tercatat atau telah terhapus. Karena ada banyak type handphone yang sekarang ini IMEI tidak berlaku terutama untuk produk handphone yang tidak mempunyai bahasa indonesia. Trik mengecek IMEI anda dapat cari cara pengecekannya sesuai type dan merek handphone yang anda pakai.

6. Factory Reset

Factory Reset

Bila semua cara di atas sudah kamu lakukan, namun tetap tidak bisa, maka cobalah untuk melakukan seting ke pengaturan awal atau Factory Reset untuk kembalikan sistem jadi seperti di saat pertama beli. Langkah reset factory ada sejumlah macam dimulai dari lewat pengaturan sampai lewat System Recovery.

Factory Reset lewat Pengaturan :

  • Buka menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih Backup dan reset di bawah menu Personal
  • Setelah itu pilih Factory data reset
  • Selanjutnya Reset phone, akan ada peringatan jika proses dilanjutkan maka akan menghapus semua data dari penyimpan internal handphone
  • Sesudah selesai proses reset, pilih pilihan yes untuk me-restart handphone.

Factory Reset lewat Recovery :

  • Pertama matikan dulu handphone anda
  • Kemudian pencet dan tahan tombol volume ke atas dan tombol power secara berbarengan sesaat sampai handphone menyala
  • Bila sukses akan ada penampilan system recovery. Bila gagal akan ada simbol merek dari handphone, dan ulang kembali sampai sukses
  • Apabila sudah sukses, pakai tombol volume ke bawah dan ke atas untuk pilih menu
  • Pilih menu wipe data/factory reset dengan memencet tombol power pada wipe data/factory reset
  • Proses Factory Reset sedang jalan dan tunggu sesaat sampai tuntas selanjutnya handphone akan melakukan re-start
Baca Juga  Cara Cepat dan Mudah Restart Google Chrome

Yang harus jadi perhatian dalam sistem factory reset ini ialah semua data yang berada di memory internal semua akan terhapus termasuk photo, video, contact, dan aplikasi terinstall dan account google anda. Sebaiknya anda lakukan back-up data dulu untuk file yang perlu dan ingat sandi dari account google anda untuk memudahkan nanti.

Kesimpulan

Bila beberapa cara di atas belum juga munculkan sinyal atau tidak dapat menangani permasalahan, kemungkinan IC dari penangkap sinyal anda telah rusak. Perlu dilakukan pergantian IC atau bahkan juga EMMC dari handphone smartphone anda. Untuk permasalahan ini sebaiknya anda membawa ke tukang servis terdekat bila memang tidak mempunyai pengalaman dalam service smartphone.

Begitulah langkah mengatasi ponsel tidak ada sinyal sim terdeteksi yang dapat anda coba untuk mengatasi permasalahan sinyal pada handphone anda. Tidak boleh sangsi untuk tinggalkan komentar di kolom komentar bila ada pertanyaan dan usul, atau bila ada langkah yang lain lebih efisien dapat sama-sama share supaya bisa kita mengupdate artikel dan dapat berguna untuk pembaca yang lain.

Semoga artikel ini juga dapat membantu memberikan kalian jawaban untuk pertanyaan kenapa kartu telkomsel tidak ada layanan dan kartu xl tidak ada layanan.

Sayonara!

Leave a Comment