Cara Mudah Mengatasi HP Xiaomi Ngelag, Silahkan Coba!

Beskem.id – Di era teknologi yang semakin hari semakin canggih ini, siapa coba orang yang tidak mengenal merek Xiomi?

Kayaknya sih mulai yang tinggal di desa sampai di kota, semua sudah kenal dengan merek smartphone yang satu ini. Smartphone yang selama ini dikenal sebagai si perusak harga pasaran smarthpone. Ya, karena mereka berani menjual smartphone dengan spek yang tinggi, namun dijual dengan harga yang termasuk paling murah diantara smartphone sekelasnya. Karena hal itu jugalah, pasar Xiomi semakin melonjak, terutama di Indonesia juga sudah jelas.

Karena orang Indonesia kan sudah pasti sangat suka dengan yang murah meriah tapi mau kualitas bintang lima. Muehehehehe

Ya, Xiomi memang terkenal dengan smartphone spek dewa harga murah. Namun tidak dipungkiri walaupun spek xiomi sudah termasuk tinggi-tinggi, akan selalu lancar dan tidak ada masalah dalam pemakaiannya. Sesekali hp Xiomi yang kamu pakai bisa saja terjagi yang namanya “Lag” pada smartphone tersebut.

Hal tersebut bisa terjadi karena usia pemakaian ataupun banyaknya aplikasi yang kamu install dan sedang digunakan secara bersamaan. Karena ya sudah lumrahnya di dunia ini tidak ada yang benar-benar 100% sempurna. Karena itulah artikel tutorial tentang cara mengatasi hp xiaomi ngelag saya buat.

HP Xiaomi Ngelag

Tutorial yang akan saya bagikan berikut ini bisa kamu coba di semua merek hp Xiaomi yang kamu pake bre. Bahkan juga sebenarnya bisa dicoba untuk merek hp lain, yang penting tujuannya untuk mengatasi masalah Lag-nya tadi.

1. Musnahkan Aplikasi dan Game Tidak Terpakai

Aplikasi Xiomi

Ini nih salah satu kebiasaan banyak orang selama ini, sebenarnya termasuk ane juga sih. Muehehehe

Iya, kadang kita tuh suka banget nginstall aplikasi-aplikasi yang menurut kita menarik dan mungkin bakal sering dipake. Namun nyatanya aplikasi tersebut hanya kita pakai sekali saja, setelah itu yaudah bakal jadi hiasan layar doang. Bukan cuma aplikasi, tapi begitu juga dengan game, yang cuma kita mainkan sekali dua kali, siap itu yaudah bosen tinggalin, sama kek mantan.

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Komputer

Jadi coba kamu periksa lagi Xiomi kesayangan kamu, cek satu persatu mana aplikasi yang kiranya sudah bertahun-tahun tidak kamu pakai. Game yang niatnya nanti bakal kamu mainkan lagi tapi tetap tidak dimainkan. Lebih baik sih yang begituan di uninstall saja. Selain bisa meminimalkan kemungkinan hp kamu lemot, cara ini juga bakal membuat storage smartphone menjadi lega.

Karena ada aplikasi-aplikasi yang tanpa kita sadari dia diam-diam berjalan di latar belakang, jadi bisa memakan RAM juga walaupun sedang tidak dibuka.

2. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan Diam-Diam

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa selama ini ada aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan tanpa kita sadari. Ya, aplikasi tersebut berjalan di latar belakang smartphone Xiomi yang kamu gunakan, dan akibatnya aplikasi tersebut juga akan menambah penggunaan RAM.

Jika kamu menghentikan aplikasi tersebut berjalan diam-diam, maka hal ini akan mengurangi pemakaian RAM, dan smartphone kamu bisa lebih optimal untuk menggunakan aplikasi yang memang digunakan.

Cara untuk mengentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang:
Buka Setelan > Aplikasi > Silahkan pilih aplikasi yang ingin dihentikan > Hentikan Aplikasi

3. Kurangi Menggunakan Widget

Widget

Widget adalah sebuah fitur dari aplikasi yang bisa membuat tampilan homescreen Xiomi kamu jadi lebih menarik dan keren. Namun di satu sisi, fitur ini bakal lebih memakan resource smartphone dan bisa membuat performa smartphone yang kamu gunakan menurun.

Karena itu, jika widget yang kamu pasang tidak terlalu penting, bahkan ga ada gunanya sama sekali, lebih baik hapus saja. Dan gunakan homescreen default saja, agar bisa lebih lancar dan aman.

4. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Sinkronisasi adalah sebuah fitur yang sangat berguna dan dibutuhkan banyak orang. Karena dengan fitur ini, kita bakal bisa selalu update setiap saat. Contohnya email masuk, jika kita aktifkan sinkronisasi email ita, maka setiap menit jika ada email masuk, maka notifikasinya akan langsung masuk. Tanpa harus kita jalankan terlebih dahulu aplikasi emailnya.

Namun untuk aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting, atau bahkan untuk saat-saat yang tidak perlu, kamu bisa menonaktifkan fiur sinkronisasi ini. Dengan begitu, smartphone kamu bisa sejenak bersantai, tidak selalu siaga dengan fitur sinkronisasi, hal ini juga bisa berdampak pada lancarnya proses pemakaian smarphone dan terhindar dari Lag.

Baca Juga  Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan dan Cara Mengatasinya

5. Hindari Penggunaan Live Wallpaper / Tema Animasi

Tema Android

Penggunaan live wallpaper atau tema animasi bisa membuat smartphone kamu jadi lebih berat, apalagi jika spek smartphonen yang kamu gunakan tersebut hanya memiliki RAM 2 atau 3 GB. Karena penggunaan tema yang aneh-aneh juga memakan resource yang cukup besar, dan bakal menggrogoti RAM yang kamu gunakan.

Karena itu, lebih baik sih gunakan wallpaper biasa saja. Kan banyak juga yang keren, tidak harus yang bergerak-bergerak doang.

6. Mematikan Bluetooth

Sebenarnya di zaman sekarang ini kayaknya sih penggunaan bluetooth sekarang sudah lumayan jarang sih, ya gak bre?

Paling cuma buat TWS / headset bluetooth, kalau untuk transfer file, mungkin orang lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt misalnya.

Namun ya terkadang bisa juga kita lupa mematikan bluetooth atau tidak sengaja tombol bluetooth kepencet. Waulaupun tidak terlalu pengaruh, tapi lebih baik bluetooth kita agar dimatikan saja selalu, jika memang sedang tidak digunakan.

7. Tidak Perlu Install Antivirus

Antivirus Xiomi

Jujur saja, saya sendiripun sudah tidak kenal lagi dengan yang namanya antivitus tambahan di smartphone. Karena untuk smartphone di era teknologi sekarang ini, rata-rata sudah memiliki fitur keamaan yang sangat tinggi dan selalu diupdate, jika kamu rajin untuk mengupdatenya. Jadi sudah tidak perlu lagi menginstall antivirus-antivirus yang cuma menuhi storage.

Karena antivirus adalah termasuk salah satu aplikasi yang bakal bekerja di latar belakang smartphone dan diam-diam juga menggrogoti RAM. Sehingga bisa mengurangi performa smartphone kamu.

Jadi sebenarnya tidak perlu ya install antivirus lagi, cukup kamu selalu mengupdate pembaharuan yang ada di Xiomi kamu.

8. Gunakan Kartu Memori / SD Card Class Tinggi

Jika kamu merasa Lag terjadi ketiga kamu mengakses file yang tersimpan di kartu memori kamu, maka bisa jadi itu karena kartu memori tempat kamu menyimpan file tersebut memiliki kecepatan atau kualitas yang jelek atau murahan.

Jika kamu membeli sebuah kartu memori, pasti ada tulisan Class di memori terebut. Sebaiknya kamu beli yang claassnya tinggi, atau yang terbaik. Agar akses file yang ada di hp kamu juga tidak lelet.

9. Nonaktifkan Fitur GPS

Sama seperti bluetooth, fitur bawaan smartphone yang bernama GPS juga sebenarnya tidak perlu setiap saat kamu aktifkan, jika memang tidak butuh. Karena saat-saat yang paling butuh menggunakan fitur GPS yaitu saat membuka aplikasi peta seperti Google Maps.

Baca Juga  Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

Atau saat kamu ingin mengambil sebuah foto, dan ingin foto tersebut ada alamatnya.

10. Seleksi Aplikasi Media Sosial

Lagi-lagi masalah aplikasi. Tap ya memang begitulah.

Tak dipungkiri aplikasi media sosial merupakan jenis aplikasi yang menggunakan data dan storage yang cukup besar di smartphone, karena sering digunakan dan banyak data yang kita simpan. Sebenarnya masih normal-normal saja sih menginstall aplikasi media sosial.

Namun ada cara yang lebih hemat, yaitu menggunakan sosial media melalui browser smartphone. Selain tidak memakan tempat tambahan, kamu bisa menggunakannya untuk medsos yang memang jarang dibuka. Seperti twitter misalnya.

11. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Aplikasi Lite

Jika kamu ingin lebih hemat lagi, maka kamu bisa coba menggunakan aplikasi serba lite, maka saya jamin smartphone dijamin bakal merasa lebih lega.

Misalnya Facebook Lite dan Messenger Lite. Dan banyak juga aplikasi lainnya yang dibuat versi litenya. Namun pastinya da fitur-fitur yang dipangkas di aplikasi versi lite tersebut.

12. Menghemat Storage Internal dengan Cloud Storage

Jika smartphone kamu sudah terlalu banyak data, hal ini juga akan berpengaruh pada performa smartphone.

Maka kamu bisa memanfaatkan cloud storage, atau penyimpanan online. Misalnya seperti aplikasi Google Drive dan One Drive.

Menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa menyimpan berkas-berkas atau file yang ada di smartphone kamu, yang bahkan jarang kamu buka. Simpan di cloud storage, lalu hapus filenya yang ada di smartphone kamu. Nantinya jika file itu kamu butuhkan lagi, tinggal download saja di aplikasi tersebut.

Namun ingat ya, hati-hati juga dalam menyimpan data yang bersifat sangat rahasia di aplikasi penyimpanan online.

Kesimpulan

Setelah kita bahas 12 cara mengatasi lemog atau lag yang terjadi di smartphone Xiomi kamu, semoga bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang mungkin saat ini sedang kamu hadapi.

Silahkan dicoba satu persatu, mana yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan. Dan jika masih kurang maksimal, silahkan coba cara-cara yang dibawahnya ya bre.

Cara ini juga bisa membuat usia pemakaian smartphone jadi lebih awet dan sehat dari segi sistem atau software.

Sayonara!

Leave a Comment