Cara Mengatasi e failed to mount /efs (invalid argument) di Smartphone

Cara mengatasi e failed to mount /efs – Pernahkah kalian mengalami masalah “E:failed to Mount /efs (Invalid argument)” di smartphone? Lantas bagaimana Cara Menangani “E:failed to Mount /EFS (Invalid argument)” di smartphone tersebut? Bila kamu pernah merasakan permasalahan ini atau umumnya disebut Invalid Argument jangan cepat-cepat panik, sebab dapat kita tangani permasalahan Failed To Mount ini, baik yang tampil Failed To MountData, Cache, System, SDCard, Persist, atau EFS. Dan yang paling biasa terjadi ialah Failed To Mount /efs.

Pemicu Failed To Mount efs muncul karena ada ketidakberhasilan sistem mounting partisi ke perangkat hingga terjadi corrupt di bagian partisi itu. Apa factor yang mengakibatkan ini? umumnya terjadi karena kekeliruan modifikasi dari system misalkan sesudah coba mengutak-atik Rom dan rupanya tidak pas atau mungkin tidak berhasil. Disamping itu habisnya kapasitas bisa juga punya pengaruh timbulnya persoalan Failed To Mount /efs ini. Jalan satu-satunya ialah ganti IC EMMC dari handphone itu.

Rata-rata biaya tukar IC EMMC cukup merogoh dompet dalam, terutama bagi kategori smartphone baru. Untuk menangani permasalahan Invalid Argument ini kita perlu mengkasifikasikannya menurut chipset dari smartphone itu. Disamping itu, cara mengatasi masalah ini di smartphone yang telah dilakukan Root dan yang belum tidak sama. Untuk memperjelasnya berikut sejumlah cara yang bisa dijalankan untuk menyelesaikan Failed To Mount /system (Invalid Argument) ini.

Cara Mengatasi Failed To Mount /efs (Invalid Argument)

Failed To Mount

Untuk yang mempunyai smartphone dengan tipe Chipset Mediatek maka dapat lakukan cara berikut ini. Bagi Chipset Mediatek diantaranya handphone merek dan type Samsung J1 Ace, J1 Mini, Galaxy V dan V Plus, Galaxy Win, Grand Duos, Smartfren Andromax A dan Q, Asus Zenfone C, Go, Zenfone 4, Zenfone 2 Laser, Zenfone 5, Xiaomi Redmi 2 Prime, Redmi Note 3, Redmi 4x, dan Himax H Classic

Baca Juga  Spesifikasi Lengkap Vivo V21 dengan Harga Resminya di Indonesia

Untuk handphone yang telah di-Root, ikut cara berikut ini :

1. Format Partisi (TWRP-All Device)

Lakukan format partisi dengan cara :

  • Buka Recovery Mode (cara buka Recovery Mode dapat kamu searching sesuai masing-masing merek smartphone dan tipenya)
  • Pilih Menu ” Wipe ” dan setelah itu pilih “Advanced Wipe
  • Selanjutnya Ceklis / Contreng Pada Kolom “System
  • Pilih Menu “Repair Or Change File System” dan lanjut dengan pilih “Change File System
  • Sesudah masuk ke halaman Mount Point :/ System, memilih Menu “FAT
  • Sesudah itu geser ke kanan untuk lakukan pengubahan
  • Setelah selesai, coba buka halaman Wipe Data + Cache, bila tulisan E: Can’t Mount System tidak ada lagi, berarti cara ini telah berhasil hilangkan permasalahan Invalid Argument

2. Partisi Ulang (TWRP-All Device)

Disamping mengerjakan format partisi, kita bisa juga memakai cara lain yakni dengan lakukan partisi ulang. Walau cukup repot, cara ini dapat disebut lebih efektif dari cara di atas. Hal yang perlu kita pahami untuk lakukan ini ialah kita harus ketahui letak partisi kita (pakai tool MTK Droidtoolpada cp atau laptop). Apabila sudah mengerti, kita dapat lakukan partisi ulangnya tanpa computer atau laptop, metodenya :

  • Masuk ke TWRP
  • Pilih menu Advanced
  • Buka Terminal Emulator
  • Di kolom terminal emulator, tuliskan dengan manual perintah berikut ini:

1

  • Kemudian, click enter
  • Bila permasalahan yang terjadi atau error yang ada cuman satu maka lakukanlah cara di atas sekali saja tapi bila yang tampil Invalid Argument lebih dari satu, maka kerjakan sesuai jumlah error yang tampil.
  • Jika sudah selesai, wipe. Apabila sudah lenyap maka cara ini sukses menangani masalah E:Failed to Mount System yang terjadi pada smartphone kamu
Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Cara mengatasi E:failed to mount /efs (invalid argument) Android

Bila kamu cuman alami failed to mount /efs (invalid argument) saja dan Sistem tidak tampil, kamu dapat kerjakan penanganan dengan cara yang lain, dan kemungkinan cukup sulit.

Yang perlu dipersiapkan:

  • Android telah di root dan Install CWM, TRWP yang mendukung ADB Shell.
  • Bila belum Root, lakukan flash dahulu ke Official Firmware, selanjutnya install CWM atau TRWP yang mendukung ADB Shell. Lalu root juga.

Cara menyelesaikan masalah failed to mount /efs (invalid argument):

  • masuk CWM atau TRWP
  • Selanjutnya tap menu “Advanced
  • Tentukan “Terminal Command” dan “Select”
  • Saran perintah:

2

Cara dengan TRWP umumnya pas pada handphone merek Samsung. Untuk merek lain sebaiknya kerjakan cara nomor satu dan dua, khususnya untuk Chipset Mediatek.

Begitu cara menangani E:Failed To Mount /efs (Invalid argument) dan menangani E:Failed to Mount EFS yang bisa jadi jalan keluar kamu yang alami permasalahan ini. Lakukan smartphone dengan bijaksana untuk melindungi performa handphone kamu sesuai dengan petunjuk pengguna.

Leave a Comment