Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3

Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3 – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat power supply untuk modul mp3 / mp5 yang berfungsi untuk mengaktifkan modul MP3 maupun MP5.

Tentunya banyak teman-teman sekalian yang hobi dalam ilmu elektronik yang sudah mengetahui modul MP3 maupun MP5. Dari segi bentuk modul MP3 maupun MP5 tidak memiliki perbedaan yang spesifik, hanya saja dari segi fungsinya terdapat perbedaan yang cukup berbeda, yaitu modul MP3 hanya berfungsi untuk memutar file jenis musik MP3 dari flashdisk maupun memori card, dan juga bisa untuk radio FM.

Sedangkan pada modul MP5 selain bisa untuk memutar file musik jenis MP3 dan radio FM, juga dapat berfungsi untuk memutar video yang bisa dihubungkan dengan televisi, sehingga film ataupun video yang diputar menggunakan modul MP5 bisa disaksikan / ditonton melalui layar televisi seperti layaknya memutar DVD.

Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3

Perlu diketahui juga pada modul MP3 maupun MP5 yang sering saya jumpai menggunakan tegangan 5 volt dc. Nah jika anda membeli modul MP3 maupun MP5 secara terpisah, dengan kata lain tidak dilengkapi power amply dan ingin memasangnya pada box salon aktif dan mengambil arus litrik langsung dari trafo pada speaker aktif, tegangannya akan terlalu besar.

Namun jika menggunakan tegangan yang diambil dari power suply untuk menghidupkan modul MP3 ataupun MP5, tidak bisa mengeluarkan bunyi ataupun bunyi yang dikeluarkan dari modul kurang jernih atau berdengung, disebabkan tegangannya. Walaupun anda telah memberi hambatan maupun IC 7805, tetap suara yang keluar masih akan belum jernih juga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat mengatasinya dengan cara membuat power supply dengan trafo tersendiri menggunakan tegangan 5 volt khusus untuk menghidupkan modul MP3 dan MP5.

Baca Juga  Power Supply Adalah? Beserta Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3

Berikut rangkaian adalah power supply 5 volt untuk menghidupkan modul MP3/MP5 pada gamabar di bawah ini:

Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3

Pada gambar di atas saya telah menggunakan trafo 1 amper tunggal stepdown tegangan dari AC ke DC, dan tegangan output trafo yang saya gunakan adalah 6 volt. Untuk penyearahnya saya menggunakan 4 buah dioda biasa (bisa menggunakan dioda kiprok/bridge), dan juga saya menggunakan elco 35 volt 1000mf dan juga menggunakan IC 7805 tegangan 5 volt sebagai filternya. Untuk kondensatornya keramik 104 dan elco 25 volt tidak dipasang juga tidak akan menimbulkan masalah, itu hanya berfungsi sebagai filter saja.

Perlu anda ketahui bahwa jika anda menggunakan tegangan 6 volt pada trafo tegangannya akan masih lemah atau display pada modul terlihat redup, bisa coba menggunakan tegangan output trafo yang lebih tinngi, tetapi untuk output tegangan dari IC 7805 masih sekitar 5 volt dibatasi oleh ic 7805.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat power supply untuk modul mp3 yang berfungsi untuk menghidupkan modul MP3/MP5. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian yang membaca artikel ini.

Sekian dan terima kasih. See u in the next artikel!

Referensi: www.aflahsentosa.com

Leave a Comment