Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10

Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10 – Terdapat banyak alasan kenapa kamu mau tahu spesifikasi laptop atau computer yang dipakai sekarang ini. Karena mungkin sekadar ingin tahu dengan apa spesifikasi laptop atau spesifikasi computer yang kamu miliki. Atau saat akan meng-install software/games, kamu ingin pastikan jika spesifikasi laptop dan computer kamu sudah memenuhi syarat minimumnya spesifikasinya.

Bisa pula kamu ingin ketahui detil spesifikasi karena laptop / computer kamu sedang memiliki masalah. Misalkan saja pada kasus tertentu, computer kamu mengeluarkan bunyi saat dihidupkan dan tidak ingin booting ke Windows. Sesudah kamu check yang rusak rupanya ada hardware yang telah rusak, berarti kamu harus beli hardware yang sesuai sama motherboard kamu . Maka sangat banyak ya faedahnya bila mengetahui spesifikasi laptop dan PC yang dipakai.

Beberapa laptop mempunyai sticker yang sedikit menuliskan detail dari spesifikasi laptop tersebut. Tetapi tidak semua laptop begitu. Karena itu berikut kami berikan langkah check spesifikasi laptop atau computer, baik itu dari RAM, CPU atau GPU.

Langkah Melihat Spesifikasi Laptop atau PC, baik RAM, CPU, dan GPU

Jika kamu memakai Windows 10 atau Windows 8.1, kamu cukup ke Settings > System dan click About. Disini kamu akan melihat versi Windows, CPU, dan RAM yang kamu pakai. Atau cara mudahnya, kamu tinggal ketik About di kotak pencarian windows, dan pilih About your PC.

step 1

step 2

Untuk Windows XP dan Windows 7, click kanan pada My Computer dan pilih Properties atau System Properties di Windows XP.

Baca Juga  Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Oppo A37

Melalui cara di atas kamu akan melihat versi Windows, Prosesor, RAM yang kamu pakai. Tetapi bila kamu memakai Windows versi 32-bit, RAM maksimal yang diperlihatkan cuman kurang dari 4GB . Maka jika kamu mempunyai RAM yang lebih dari 4GB, seharusnya pakai Windows 64-bit.

Lalu saat ini kita akan check spesifikasi VGA atau GPU yang dipakai oleh laptop atau computer kamu. Perlu kamu ketahui, beberapa laptop umumnya mempunyai dua GPU atau VGA, pertama dipasang secara onboard dan yang kedua dedicate GPU atau VGA.

Untuk memeriksa GPU atau VGA yang berada di laptop atau computer kamu, pertama pencet Win+R untuk buka Windows Run dan tuliskan dxdiag.

step 3

step 4

Sesudah window DirectX terbuka, click tab display dan kamu akan mendapati spesifikasi GPU atau VGA onboard.

step 5

Langkah lain yang dapat kamu lakukan ialah lewat Device Manager. Ketik di tombol pencarian windows Device Manager dan pencet enter. Selanjutnya click Display Adapters dan kamu akan menemukan type GPU atau CPU yang kamu pakai.

step 7

step 8

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Computer Tanpa Repot

step 9

Nah untuk kamu yang tidak ingin repot, kamu dapat memakai program Speccy. Program sederhana ini dapat kamu pakai untuk lihat detil spesifikasi PC secara mudah.

Itu langkah sederhana yang dapat kamu pakai untuk mengetahui spesifikasi laptop atau computer yang kamu pakai. Bila kamu mempunyai teknik lain, silakan masukkan di komentar dan kami akan menambahnya ke artikel.

Leave a Comment