BMW lelang M850i edisi Jeff Koons, cuma 99 unit di dunia

Jakarta (Beskem.id) – BMW akan melelang M850i​​xDrive Gran Coupé edisi kolaborasi seniman Jeff Koons yang hanya tersedia sebanyak 99 unit di dunia dan satu unit khusus yang ditampilkan di Asia Tenggara, yakni di Museum MACAN.

Penggemar otomotif atau kolektor benda seni dapat melihat M850i​​xDrive Gran Coupé edisi khusus itu di Museum MACAN pada 6 November 2022, sedangkan lelang akan dimulai pada 30 Oktober 2022.

“Kolaborasi global dengan Jeff Koons sekali lagi telah menginspirasi kami semua di BMW. Belum pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah BMW dibuat dengan visi desain yang luas seperti THE 8 X JEFF KOONS. Bagaikan sebuah 'patung bergerak' yang tidak hanya akan ditampilkan sebagai barang koleksi yang dipajang di museum tetapi juga berjalan dinamis sebagai kendaraan BMW,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam siaran resmi, Rabu.

 

BMW THE 8 X JEFF KOONS. (ANTARA/HO)

Jeff Koons, seniman yang menjadikan M850i​​xDrive Gran Coupé sebagai kanvasnya mengatakan bahwa “Edisi BMW Seri 8 untuk kolaborasi ini adalah kendaraan impian saya.”

“Ini sangat istimewa bagi saya dan saya sudah lama ingin membuat BMW edisi khusus. Sporty dan mencolok serta minimalis dan konseptual,” kata dia.

Jeff menjelaskan, karya seni pada mobil itu menggabungkan 11 warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam. Dia hanya mengerjakan empat unit mobil setiap pekan, sehingga membutuhkan 200 jam kerja untuk mengecat eksterior mobil tersebut.

Pada bagian interior, Jeff menggunakan material premium multi-warna, lapisan kulit yang halus serta tutup cupholder dengan badge edisi khusus yang dibubuhi tanda tangan sang seniman.

Jeff Koons mengaku telah menghabiskan waktu selama beberapa bulan di pabrik Dingolfing BMW untuk mendiskusikan pilihan desain bersama karyawan BMW yang terlibat.

Baca Juga  Panasonic akan mulai bangun pabrik baterai di Kansas bulan depan

Adapun untuk lelang, BMW memilih beberapa pameran seni di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, termasuk Istanbul Contemporary, Paris Photo, Goodwood Festival of Speed, Art Dubai, West Bund Art & Design Fair Shanghai, Art Basel Hong Kong, dan Museum MACAN di Indonesia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment