Audi kembangkan filter udara untuk mobil listrik

Jakarta (Beskem.id) – Audi bermitra dengan pemasok MANN+HUMMEL dalam proyek percontohan untuk mengembangkan filter partikulat untuk mobil listrik. Filter udara tersebut akan mengumpulkan partikulat dari area sekitarnya, baik saat mengemudi maupun mengisi daya.

Filter ini dirancang seiring kebutuhan untuk meningkatkan kualitas udara di kota-kota selama fase percontohan pertama. Teknologi ini akan didemonstrasikan di Greentech Festival di London.

Filter udara berfungsi mirip dengan sistem stasioner dan memastikan bahwa emisi partikulat mobil sendiri juga diserap.

Terlepas dari sistem penggerak kendaraan, 85 persen partikel debu halus di lalu lintas jalan disebabkan oleh rem, ban, atau abrasi jalan. Partikel debu mikro ini dapat dengan mudah terhirup dan berbahaya bagi kesehatan.

Proyek percontohan Audi untuk menghilangkan partikel dari lingkungan diluncurkan pada tahun 2020 dan akan berjalan untuk jangka waktu empat tahun.

“Filter partikulat ini adalah contoh upaya kami untuk berinovasi demi keuntungan semua orang dan kolaborasi yang sukses dengan pemasok khusus,” kata Manajer Proyek dalam Pengembangan Sistem Pelengkap di Audi AG Fabian Groh.

Filter udara terintegrasi ke dalam aliran udara kendaraan yang ada di depan radiator. Filter dapat dikontrol melalui saluran masuk udara pendingin yang dapat diganti dan fungsi mekanisnya mirip dengan penyedot debu. Partikel debu halus tersangkut di filter dan udara masih bisa mengalir melaluinya.

Sejauh ini, Audi telah menggunakan filter ini di kendaraan uji e-tron. Saat mengemudi, teknologi ini secara pasif menyaring udara melalui pergerakan kendaraan, udara mengalir melalui sistem filter, yang menangkap bahkan partikel terkecil.

Selama pengisian stasioner, kipas internal menyalurkan udara sekitar melalui radiator. Sistem mengambil keuntungan dari proses ini dan dengan demikian dapat secara aktif menyaring udara yang mengalir melaluinya. Demikian disiarkan Hindustan Times, Senin (17/10).

Baca Juga  Balai Lelang Mobil AUKSI buka gerai offline dan online di Surabaya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment