Aprilia SR GT 200, skuter berwajah adventure yang cocok buat harian

Jakarta (Beskem.id) – Aprilia secara resmi menghadirkan skuter adventure pada pertengahan 2022, yaitu SR GT 200 yang kian meramaikan pasar skuter premium di Indonesia.

Meski memiliki tampilan yang sangat adventure, skuter yang memiliki banderol harga mencapai Rp60 juta ini sangat asik untuk dikendarai mengelilingi dalam kota.

Beberapa waktu yang lalu, ANTARA diberikan kunci untuk sekedar merasakan langsung bagaimana sensasi berkendara menggunakan skuter premium asal Italia.

Seperti biasa, motor-motor Eropa ketika dikendarai di jalan memang banyak menyita perhatian banyak orang yang tidak sengaja berhenti di samping ketika sedang dalam kondisi lalu lintas yang padat ataupun pada perlintasan lampu merah.

Meski begitu, banyak juga yang menganggap bahwa kendaraan ini adalah Honda ADV. Meski sudah jelas terdapat inisial A yang mengartikan Aprilia pada bagian depan dari skuter tersebut.

Memang, kemiripan sekilas terlihat pada bagian windshield yang agak tinggi dan juga gaya yang sporty berkat stang yang lebar. Hal itu bisa dimaklumi.

Gaya petualang dari motor ini dibuktikan dengan suspensi dan ground clearance 175mm untuk mengatasi segala medan dan rintangan. Dengan bobot 148 kilogram, memiliki kapasitas tangki 9 liter dengan panjang 1.920 mm dan lebar 765 mm.

Aprilia SR GT 200 (ANTARA/Chairul Rohman)

Sensasi berkendara

Aprilia SR GT 200 yang diasupi dengan mesin i-get yang kapasitas 174cc ini memiliki catatan tenaga 13 Kw pada rentang 8.500 rpm dengan torsi mencapai 16,5 Nm pada rentang 7000 rpm.

Dengan begitu, mesin yang tertanam sangat menyenangkan ketika dibawa sebagai sarana transportasi sehari-hari di jalan Ibu Kota yang tidak terlalu lengang alias padat merayap.

Pada jalan yang memungkinkan kami untuk membuka gas lebih dalam, kami manfaatkan untuk menguji seberapa menyenangkannya skuter ini untuk diajak berakselerasi dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga  Mitsubishi Triton akan menjelajah ribuan kilometer di AXCR

Pada kecepatan tertingginya, kami hanya berhasil mencapai angka 120 km per jam, dan sulit bagi kami untuk bisa menembus angka lebih tinggi lagi dikarenakan kondisi jalan yang memang kita ketahui bersama.

Dalam pengujian ini, kami hanya untuk berkeliling kota Jakarta pada siang dan juga sore hari. Sebagaimana diketahui bersama, kondisi jalan di Kota Jakarta pada waktu-waktu itu memang bisa dibilang sedang ramai lancar.

Hal itu dikarenakan untuk sebagai pengujian seberapa gesit dan lincah skuter ini ketika digunakan pada jam-jam sibuk di kota Jakarta.

Meski memiliki desain body yang cukup besar, skuter dari Aprilia ini masih sangat lincah untuk diajak menyalip di kondisi jalanan yang padat. Hanya saja, pengguna yang memiliki tinggi 175mm masih harus menjinjit ketika berhenti alias motor ini masih sangat tinggi untuk ukuran orang Indonesia.

Untuk mengatasi itu, pengendara disarankan untuk duduk agak maju jika hendak ingin turun atau berhenti di kondisi tertentu. Dengan begitu, pengendara akan dimudahkan atau tidak terlalu menjinjit ketika berhenti.

Dengan begitu, motor yang sangat kental dengan gaya petualang ini masih layak untuk dijadikan sarana transportasi sehari-hari di kota-kota besar yang memiliki tingkat kesibukan tiada henti.

Aprilia SR-GT 200 hadir dengan tiga warna pilihan yaitu Aprilia black, street gray dan infinity blue dengan foot peg, side dan pegangan penumpang berwarna abu-abu keperakan.

Aprilia SR-GT 200 dibanderol dengan harga Rp60juta OTR Jakarta sedangkan Aprilia SR-GT 200 Sport Rp 61,5juta OTR Jakarta.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://www.beskem.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.beskem.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Volvo Cars buka "showroom" pertama di Jakarta Pusat

Leave a Comment