6 Tips Penting Untuk Menghindari Digital Phising

6 Tips Penting Untuk Menghindari Digital Phising – Beberapa waktu yang lalu rumor buruk kembali mencoret citra keamanan dunia digital Indonesia. Data personal lewat program Peduli Lindungi diduga bocor ke tangan yang tidak bertanggungjawab. Sudah pasti ini memperburuk situasi karena awalnya lewat BPJS Kesehatan data yang sama bocor, bahkan juga isunya dijualbelikan.

Selain kealpaan dari sang pengelola aplikasi sebenarnya kita sudah terbiasa dengan usaha pencurian dengan modus pengecohan atau digital phising yang sudah dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Dimulai dari pesan singkat lewat SMS sampai usaha penipuan lewat telepon dengan modus pemenang hadiah. Sayang, dari rangkaian usaha itu sampai sekarang ini perlindungan pada data personal kita masih kurang, karena tidak ada undang-undang khusus yang mengendalikannya.

Di sini saya akan coba sedikit memberikan tips and trick untuk agan semua supaya kita masih tetap aman berseluncur riang di jagat maya. Dan supaya informasi personal yang kita berikan ke pihak ke-3 tidak disalahpergunakan.

1. Rahasiakan username dan OTP

Username atau OTP (one time password) umumnya jadi target empuk beberapa pelaku digital phising. Dengan modus sebagai pihak customer servis jasa layanan tertentu, mereka akan coba membuka data personal kamu. Baik itu yang menyatakan pihak Bank atau siapa saja jangan sampai memberi data ini ke mereka.

2. Cek Situs Resmi

SMS-Penipuan

Sudah pernahkah agan terima SMS yang memberitahukan jika agan merupakan juara kedua atau ketiga dari undian hadiah tertentu? Seringkali pelaku memasangkan link yang didesign sedemikian rupa hingga terlihat meyakinkan. Bila diamati link itu umumnya ialah blogspot atau hasil generate link dari bit.ly. Ini sudah tentu situs tidak resmi a.k.a palsu jadi tidak perlu ribet meladeninya.

Baca Juga  Cara Cek Pulsa Axis Dengan Mudah dan Cepat

3. Waspada Free WIFI

Di jaman yang serba digital sekarang ini koneksi internet menjelma sebagai kemampuan baru. Bahkan juga ada yang memberikan julukan sebagai “The New Oil”. Cukup banyak sekarang ini yang memberikan akses jaringan wifi secara gratis. Dimulai dari kafe, area terbuka publik, sampai konter smartphone berlomba-lomba untuk memberi akses wifi untuk menarik lebih banyak pengunjung. Jikapun terpaksa sekali jangan sampai memakai akses WIFI itu untuk transaksi bisnis keuangan apapun.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication

Two-Factor Authentication

Khususnya untuk kamu yang mempunyai account di sosial media pastikan untuk aktifkan fitur ini. Fungsinya untuk pastikan jika pengakses account tersebut merupakan kamu sendiri. Cukup banyak beberapa digital phiser mendapat data personal dari sosial media yang kita pakai.

5. Konfirmasi ke Call Center Resmi

Call Center

Bila kamu masih ragu setelah lakukan tahapan-tahapan di atas, jangan ragu-ragu untuk mengabaikan pesan yang dikirimkan pelaku kejahatan dan lekas konfirmasikan ke call-center atau lembaga terkait. Caranya lumayan gampang, kamu hanya perlu mengakses lewat google search dengan kata kunci sesuai yang diperlukan.

Contoh :

Saat agan terima hadiah sejumlah 75 juta rupiah dari Telkomsel. Segera kontak call-center dengan kata kunci “Call Center Telkomsel” di google search. Pastikan kebenaran informasi dan tidak boleh sekalipun memberi username atau OTP meskipun ke pihak call-center resmi. SOP yang biasa dilakukan hanyalah konfirmasi nama, tempat tanggal lahir dan kadang nama ibu kandung.

6. Beri Tanda Khusus Pada Kartu Identitas

Beberapa sosial media menyaratkan pemakainya untuk mengirim kartu identitas untuk pembikinan akun. Sering beberapa situs pencarian kerja minta informasi itu sebagai persyaratan administrasi. Saat sebelum mengirim upayakan kamu memberi tanda khusus pada kartu identitas yang kamu lampirkan hingga saat disalahpergunakan, pihak yang membocorkan data itu dapat dilacak. Bila disyaratkan berfoto dengan kartu identitas pastikan ada posisi unik yang dapat menandakan ke mana photo itu dikirimkan. Janganlah lupa dicatat keunikannya supaya tak lupa.

Baca Juga  Cara Mengecek Suhu Laptop Dengan Mudah

Cara ini pasti belum juga sempurna namun dapat sedikit membuat perlindungan kita dari penyimpangan data personal. Meskipun tentu data personal kita telah telanjur terkirim tetapi anjuran saya tidak boleh ragu untuk lakukan perlindungan ini untuk selanjutnya. Sampai di sini saya pribadi mengharap informasi ini sedikit menolong.

Leave a Comment